Kompas.com - 10/04/2016, 16:41 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Memiliki bayi, menyusui, dan bertambahnya usia, semua berkontribusi pada hilangnya elastisitas kolagen, jaringan ikat di bawah kulit, sehingga membuat bentuk payudara Anda menjadi lebih kempis.

Bentuk payudara juga tergantung pada genetika. Jika ibu Anda memiliki sepasang payudara yang bentuknya turun, Anda mungkin cenderung untuk memiliki bentuk yang sama.

Ada satu hal yang harus Anda tahu, beberapa kebiasaan sehari-hari yang tampak seperti tidak ada hubungannya dengan payudara ternyata dapat berkontribusi untuk mengubah bentuk payudara akan lebih baik.

Studi UCLA baru-baru ini menemukan bahwa jaringan payudara menua lebih cepat dua sampai tiga tahun dibanding bagian tubuh Anda yang lainnya. Karena itu, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan yang dapat membuat bentuk payudara menjadi turun.

 

1. Diet yoyo
Setiap kali berat badan Anda naik lalu turun lagi dengan cepat, jaringan payudara menjadi lebih kendur, kata Michael Edwards, MD, seorang ahli bedah payudara dan presiden dari American Society for Aesthetic Plastic Surgery.

 

2. Merokok
Bahkan payudara Anda tidak bisa lepas dari kerusakan yang rokok lakukan. "Setiap jumlah rokok melemahkan usia kulit dengan mengurangi suplai darah ke permukaan kulit," kata Edwards.

 

3. Tidak memakai tabir surya
Membiarkan wajah Anda terekspos sinar UV tanpa tabir surya dapat menyebabkan keriput dini, dan memiliki efek yang sama pada payudara dengan merusak kolagen, kata Edwards.

 

4. Mengenakan bra yang tidak mendukung bentuk dan berat payudara
Mengenakan bra yang sesuai ukuran dan aktivitas adalah sesuatu yang sangat penting. apalagi jika Anda aktif secara fisik.

"Semakin sering payudara terpental, misal saat berlari, semakin stres kulit dan kolagen payudara," ujar Edwards. Gunakan bra khusus olahraga saat Anda beraktivitas fisik, misalnya saat Anda berlatih di gym.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.