6 Jenis Pengobatan Autoimun ITP

Kompas.com - 18/04/2016, 21:09 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Immune thrombocytopenic purpura atau ITP adalah penyakit kelainan autoimun yang berdampak kepada trombosit atau platelet.

Dalam menangani kasus kelainan autoimun ITP, biasanya tidak ada kebutuhan untuk mengobati berdasarkan jumlah trombosit.

Beberapa rekomendasi menyarankan trombosit di bawah 20,0 /ml, sebagai indikasi untuk rawat inap dan pengobatan.

Pedoman saat ini, menyarankan pengobatan hanya dalam kasus-kasus perdarahan yang signifikan. Rekomendasi pengobatan terkadang berbeda untuk orang dewasa dan ITP anak. Jenis obat dan pengobatan untuk ITP di antaranya adalah:

Steroid

Pengobatan awal biasanya terdiri dari kortikosteroid, untuk menekan sistem kekebalan tubuh. Dosis dan cara pemberian ditentukan oleh jumlah trombosit dan apakah ada perdarahan aktif atau tidak.

Anti-D

Pilihan yang cocok untuk darah Rh-positif, pasien non-splenectomized adalah pemberian intravena Rho (D) globulin imun [Manusia; Anti-D].

Intravenous immunoglobulin (IVIg)

Obat ini berfungsi untuk meningkatkan jumlah sel darah sebelum operasi dan menghentikan pendarahan kritis dan diberikan melalui infus intravena atau infus pembuluh darah.

Agonis reseptor Thrombopoietin

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Sumber Medscape
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X