Kompas.com - 22/04/2016, 12:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Melarang anak-anak menggunakan gadget memang sulit dilakukan, tetapi waktunya tetap harus dibatasi. Salah satu dampak buruk dari kecanduan gadget pada anak adalah risiko mata menjadi juling.

Menurut hasil penelitian di Korea Selatan, anak-anak yang sering menggunakan ponsel pintar atau tablet beresiko besar mengalami mata juling sementara.

Dalam penelitian itu dilibatkan 12 anak berusia 7-16 tahun yang menggunakan gawainya 4-8 jam setiap hari. Anak-anak itu juga memegang gawainya dengan jarak 20 - 30 cm dari wajahnya.

Selain durasi pemakaian yang terlalu sering, jarak yang terlalu dekat dengan mata kemungkinan menjadi penyebab gangguan juling atau mata yang tidak searah.

Terapi medis memang bisa memperbaiki gangguan mata pada 9 anak setelah mereka tidak lagi menggunakan ponsel pintar selama dua bulan. Mereka juga disarankan membatasi memakai gadget setiap 30 menit sekali dan mengatur jarak penglihatan.

Selain mata juling, memakai gadget terlalu lama juga membuat mata menjadi kering sehingga beresiko iritasi. Bila menduga ada gangguan pada mata anak, periksalah ke dokter.

Penting untuk mengenali gangguan dan mengobatinya sedini mungkin sebelum menjadi permanen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.