Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2016, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Hidup bahagia dan panjang umur menjadi harapan banyak orang. Tapi, banyak orang tak tahu bagaimana mencapainya.

Menurut laporan terbaru dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), ada tiga hal yang bisa meningkatkan peluang kita berusia sampai 100 tahun.

1. Ikuti pola makan MIND
MIND merupakan singkatan dari Mediteranian-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay, atau kombinasi dari pola makan DASh dan Mediteranian.

Fokus utama dari diet ini adalah mengonsumsi makanan dan nutrisi yang secara ilmiah telah terbukti baik untuk jantung. Kita diharuskan mengonsumsi sayuran berdaun hijau setiap hari, mengonsumi kacang-kacangan 5 sajian dalam seminggu, makan ikan seminggu sekali, dan mengonsumsi buah berrie dua kali dalam seminggu.

2. Latihan fisik lebih giat
Studi terbaru menemukan, orang berusia pertengahan atau lanjut usia yang melakukan olahraga intensitas tinggi dan membuat berkeringat, memiliki risiko kematian dini lebih rendah dibandingkan dengan yang intensitas olahraganya sedang. Latihan fisik intensitas tinggi bisa dicapai dengan meningkatkan durasi dan beban latihan dari sebelumnya.

3. Miliki tujuan hidup
Para peneliti mengikuti 136.000 orang di Amerika dan Jepang selama 7 tahun. Hasilnya, mereka yang mengaku memiliki makna hidup yang kuat ternyata risiko kematiannya lebih rendah dibanding yang tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com