Kompas.com - 25/04/2016, 15:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Hidup bahagia dan panjang umur menjadi harapan banyak orang. Tapi, banyak orang tak tahu bagaimana mencapainya.

Menurut laporan terbaru dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), ada tiga hal yang bisa meningkatkan peluang kita berusia sampai 100 tahun.

1. Ikuti pola makan MIND
MIND merupakan singkatan dari Mediteranian-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay, atau kombinasi dari pola makan DASh dan Mediteranian.

Fokus utama dari diet ini adalah mengonsumsi makanan dan nutrisi yang secara ilmiah telah terbukti baik untuk jantung. Kita diharuskan mengonsumsi sayuran berdaun hijau setiap hari, mengonsumi kacang-kacangan 5 sajian dalam seminggu, makan ikan seminggu sekali, dan mengonsumsi buah berrie dua kali dalam seminggu.

2. Latihan fisik lebih giat
Studi terbaru menemukan, orang berusia pertengahan atau lanjut usia yang melakukan olahraga intensitas tinggi dan membuat berkeringat, memiliki risiko kematian dini lebih rendah dibandingkan dengan yang intensitas olahraganya sedang. Latihan fisik intensitas tinggi bisa dicapai dengan meningkatkan durasi dan beban latihan dari sebelumnya.

3. Miliki tujuan hidup
Para peneliti mengikuti 136.000 orang di Amerika dan Jepang selama 7 tahun. Hasilnya, mereka yang mengaku memiliki makna hidup yang kuat ternyata risiko kematiannya lebih rendah dibanding yang tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Health
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.