Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2016, 10:15 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Yoga merupakan aktivitas fisik yang dipercaya dapat mengatasi berbagai keluhan penyakit. Salah satunya adalah nyeri haid.

Tak sedikit wanita yang merasa nyeri setiap kali haid atau dikenal dengan istilah datang bulan. Nyeri haid bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pendiri Komunitas Yoga Gembira Yudhi Widdyantoro menjelaskan, gerakan yoga dapat meredakan rasa nyeri karena yoga membuat otot-otot menjadi lebih rileks. Yudhi mengungkapkan, gerakan yoga yang dapat mencegah nyeri haid, yaitu Janu Sirsahana (head to knee pose).

"Itu pose gerakan kepala mencium lutut. Gerakan ini membuat otot perut relatif lebih rileks," kata Yudhi seusai Yoga in the Air bersama Kiranti di Rooftop Plaza Semanggi, Jakarta, Sabtu (30/4/2016).

Gerakan yoga tersebut dimulai dengan posisi duduk dan kaki diluruskan. Kemudian lipat salah satu kaki dengan telapak menyentuh paha pada kaki yang satunya. Setelah itu, pegang telapak kaki yang diluruskan dan perlahan rendahkan kepala hingga menyentuh lutut.

Jika tangan tidak bisa menggapai telapak kaki yang diluruskan, bisa dengan bantuan handuk kecil. Begitu pula jika kepala tidak bisa menyentuh lutut, maka tidak perlu dipaksakan.

"Kuncinya adalah dengarkan tubuh kita sendiri. Kalau kita merasa ok, enggak apa-apa. Yoga dianjurkan belajar lebih bijaksana," kata Yudi.

Jika sedang haid, lanjut Yudi, gerakan yoga yang nyaman terdiri dari berdiri, duduk, dan tidur. Sebagian besar adalah gerakan yang tidak terlalu sulit diikuti, seperti cobra, yaitu posisi badan tengkurap dengan dada dan kepala diangkat.

Yudi mengaku kerap menemukan beberapa wanita yang akhirnya bisa mengatasi nyeri haid maupun memperlancar siklus menstruasi setelah rutin yoga. Yudi mengatakan, pada dasarnya, gerakan yoga memperlancar peredaran darah di seluruh tubuh.

Selain itu, yoga juga memberikan efek rileks pada pikiran sehingga mampu menurunkan stres atau rasa emosi.

Menurut Yudhi, yoga bisa dilakukan kapan saja. Saat haid pun bukan halangan untuk melakukan gerakan yoga. Namun, ada beberapa gerakan yang memang tidak dianjurkan dilakukan saat haid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com