Kompas.com - 01/05/2016, 11:09 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com-Salah satu manfaat yoga adalah meredakan nyeri haid. Haid pun bukan halangan untuk melakukan yoga.


Namun, menurut pendiri komunitas Yoga Gembira Yudhi Widiantoro ada beberapa pose yoga yang tidak dianjurkan dilakukan saat sedang haid. Khususnya saat sedang banyak mengeluarkan darah haid, seperti di hari pertama dan kedua.

 

1. Gerakan terbalik

Pose terbalik atau inversi seperti hand stand tidak dianjurkan jika sedang haid. Hand stand adalah posisi kepala di bawah dan kaki di atas. Pasalnya, gerakan terbalik membuat pengeluaran darah kotor menjadi tidak maksimal.

 

2. Gerakan melilit

Gerakan melilit atau twisting pada bagian perut juga tidak dianjurkan. Gerakan ini dikhawatirkan hanya akan menambah nyeri perut saat haid. "Kalau twisting bagusnya untuk bakar lemak di perut.

Untuk yang sedang haid tidak dianjurkan," kata Yudi sesuai Yoga in the Air bersama Kiranti di rooftop Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, Sabtu (30/4/2016).

 

3. Kalajengking (Scorpion)

Pose scorpion atau pose yang menyerupai bentuk kalajengking sebaiknya dihindari jika sedang haid. Pose scorpion juga membuat kepala lebih rendah dari kaki.

 

4. Pose 'perahu'

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.