5 Masalah Puting Payudara yang Paling Sering Terjadi

Kompas.com - 04/05/2016, 19:15 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sepanjang hidup, payudara dan jaringan puting akan berubah dan banyak dari perubahan ini adalah normal. Payudara Anda akan cenderung kehilangan kepadatan sejalan usia dan kehamilan, siklus menstruasi dan obat-obatan yang Anda konsumsi.

Namun demikian, ada juga beberapa perubahan yang mengindikasikan suatu gangguan kesehatan dan artinya Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan payudara Anda tidak terinfeksi atau mengembangkan jaringan kanker. Berikut adalah lima masalah yang dapat dialami puting yang umum terjadi dan penjelasannya.

 

Ruam
Ruam pada puting susu dan sekitarnya mungkin disebabkan oleh sesuatu yang juga dapat menyebabkan ruam di bagian tubuh yang lain.

Ruam juga dapat disebabkan oleh reaksi alergi terhadap produk tertentu seperti sabun, serta psoriasis dan eksim. Keringat berlebihan juga dapat menyebabkan ruam.

Jika ruam berkembang selama menyusui,mungkin itu adalah mastitis atau infeksi jaringan payudara yang sering terbentuk di sekitar puting pada wanita menyusui.

Sebagian besar ruam ini, meskipun tidak nyaman, tidak berbahaya dan bisa diobati dengan salep topikal atau antibiotik oral.

Dalam kasus yang jarang terjadi, ruam puting bisa menjadi tanda kanker payudara, jadi penting untuk meminta pendapat dokter tentang ruam puting yang Anda miliki.

 

Cairan tidak normal
Cairan tidak normal atau discharge dari puting bisa menakutkan dan memalukan, tapi untungnya, biasanya tidak terkait dengan kanker payudara atau masalah serius lainnya.

Cairan bening atau berdarah dari puting biasanya menandakan semacam infeksi, tapi juga dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu, termasuk pil KB.

Sangat penting untuk bertanya ke dokter tentang cairan tak normal dari puting sehingga dokter dapat memeriksa kemungkinan infeksi. Untuk ibu menyusui, adalah hal yang biasa jika puting mengeluarkan susu di antara waktu menyusui. Anda tidak perlu ke dokter Anda untuk hal ini.

 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X