Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2015, 12:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Puting bukan hanya merupakan bagian dari keindahan payudara dan untuk menyusui, juga dapat menjadi petunjuk adanya beberapa masalah kesehatan yang serius.

Jika Anda mendadak melihat kerutan atau cekungan di kulit sekitar atau pada puting-terutama jika itu terjadi  hanya di satu puting, hubungi dokter Anda. Ini bisa menjadi tanda peringatan kanker payudara.

Berikut adalah 7 hal yang perlu Anda ketahui tentang puting Anda:

1. Keluar cairan dari puting seringkali normal-bahkan jika Anda tidak hamil atau menyusui.

Keluarnya cairan dari puting dapat terjadi pada sebagian besar wanita jika puting ditekan, jelas Leah S. Gendler, MD, seorang ahli bedah payudara di Morristown Medical Center di New Jersey. Tapi jika Anda tidak menekan atau meremasnya dan terutama jika cairan bercampur darah dan hanya berasal dari salah satu payudara, segera temui dokter, Gendler menyarankan. Cairan bisa saja berasal dari kista jinak atau kanker payudara.

2. Pemilik puting tambahan lebih banyak dari yang Anda kira

Beberapa tokoh terkenal yang memiliki puting cadangan ini antara lain Lily Allen dan Mark Wahlberg. Puting ketiga sering keliru disangka tahi lalat atau tumor. Memiliki puting ketiga tidak masalah dan dapat dengan mudah dihapus dalam prosedur rawat jalan, kata ahli bedah plastik Rahmat Ma, MD. "Seluruh prosedur memakan waktu sekitar 30 menit," katanya, "dan dapat segera pulih."

3. Olahraga bisa menyebabkan radang pada puting.

Bra olahraga yang tidak pas atau band aid yang ditempel pada puting saat berolahraga bisa menyebabkan puting tergesek dan akhirnya menjadi radang. Tetapi jika Anda tidak berolahraga namun puting  berubah warna menjadi merah, gatal, bersisik, atau mengelupas, periksakanlah diri ke dokter Anda. Ini bisa menjadi tanda penyakit Paget, suatu bentuk langka dari kanker yang melibatkan puting dan areola, jelas Gendler. Dia menambahkan, "Atau bisa juga eksim. Jadi jangan cemas, biarkan dokter Anda menganalisanya."

4. Puting berbulu normal, bahkan pada wanita.

Benjolan kecil di sekitar puting yang berisi folikel rambut adalah sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan. Anda bisa menghilangkannya dengan wax atau dicukur dengan hati-hati. Tapi jika folikel rambut tersebut terasa sakit, bertumbuh semakin besar, atau gatal dan bersisik, cepat temui dokter. Bisa jadi ini pertanda infeksi atau kanker.

5. Nyeri puting saat menyusui adalah umum (dan bisa dicegah).

Berdenyut, panas, luka, nyeri. Ini semua keluhan umum ibu menyusui terutama di minggu-minggu pertama. Tapi jika rasa sakit ini terus berlanjut, berkonsultasilah dengan spesialis laktasi; mungkin bayi Anda menyusui dengan cara tidak benar. Payudara membesar juga dapat memicu nyeri puting, seperti terjadi jika ada infeksi karena bakteri atau jamur Candida, demikian simpulan satu studi di Australia.

6. Puting terbalik tak perlu dikhawatirkan

Sekitar 15% wanita memiliki puting yang masuk ke dalam atau terbalik sejak lahir, kata Z. Paul Lorenc, MD, seorang ahli bedah plastik di New York. "Ini masalah sederhana, ada jaringan ikat yang menarik puting ke dalam. Cuma perlu operasi kecil untuk memperbaikinya. Kami membuat sayatan kecil untuk melepaskan jaringan ikat dan puting pun akan muncul keluar. Cukup anastesi lokal dan memakan waktu sekitar satu jam," tambah Lorenc.

7. Puting adalah daerah sensitif pria dan wanita

Menurut penelitian Rutgers University, rangsangan pada puting memengaruhi bagian otak yang sama dengan ketika vagina, klitoris atau penis dirangsang. Catatan untuk mereka yang melakukan tindik puting: Anda bisa kehilangan sensasi yang menyenangkan yang berasal dari rangsangan pada puting karena kerusakan syaraf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com