Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2016, 17:37 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com - Lebih dari 54 juta orang Amerika yang dinyatakan kelebihan berat badan atau obesitas menurut indeks massa tubuh (IMT), didapati dalam kondisi sehat, kata sebuah studi baru yang dimuat di International Journal of Obesity.

Peneliti menyarankan, ketimbang terlalu fokus pada berat badan ideal menurut IMT, lakukan pemeriksaan ini sebagai cara untuk menentukan apakah berat badan sudah sehat atau belum.

 

Lingkar pinggang

Jika perut Anda telah menjadi rumah bagi kelebihan lemak, Anda mungkin berada pada risiko yang lebih besar untuk terkena penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Cobalah mengukur lingkar pinggang, dengan cara menggunakan pita pengukur tepat di atas tulang pinggul Anda atau di sekitar pusar. Lingkar pinggang yang sehat bagi wanita ialah kurang dari 89 cm.

 

Hitung denyut jantung

Dalam keadaan santai, luangkan waktu untuk menempatkan dua jari di atas pergelangan tangan atau leher lalu hitung jumlah denyut dalam satu menit. Bila berada di antara 60 dan 100 per menit, tandanya detak jantung Anda normal.

Sebuah denyut jantung yang normal (tidak terlalu cepat) umumnya menyiratkan kesehatan fisik yang baik.

Hati-hati dengan gaya hidup yang kurang aktif, karena dapat menyebabkan denyut jantung menjadi lebih cepat karena jantung harus bekerja lebih keras.

 

Persentase lemak tubuh

Tidak seperti IMT, menentukan presentase lemak tubuh benar-benar bisa mengungkapkan jumlah kelebihan lemak, terpisah dari massa otot.

Presentase lemak tubuh yang sehat untuk wanita adalah 20 sampai 32 persen. Untuk mengukurnya, Anda bisa menggunakan mesin ini di pusat kebugaran atau klinik fisioterapis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com