Kompas.com - 10/05/2016, 18:40 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Tim dokter di India berhasil mengoperasi tumor ovarium dari Devi Kamlesh (45) wanita asal Meerut, Uttar Pradesh, India. Terdapat 15 batu tumor dengan berat 97 kg bersarang di tubuh wanita ini.

Menurut dokter, tumor ini bahkan lebih berat dari bayi gajah. Tumor itu telah dibiarkan tumbuh oleh Kamlesh. Dia mengaku tak diizinkan suaminya untuk operasi tumor karena tidak memiliki uang untuk pergi ke dokter.

Kamlesh akhirnya menahan sakit selama bertahun-tahun. Namun, setelah suaminya meninggal dunia, Kamlesh mengikuti anjuran untuk operasi.

Beruntung tim dokter membebaskan biaya operasi karena bagian dari akses pelayanan kesehatan untuk orang yang tidak mampu. Operasi tersebut berlangsung selama tiga jam sampai akhirnya berhasil mengangkat tumor raksasa dari ovarium kanannya.

Betapa terkejutnya para dokter setelah menimbang berat tumor tersebut yang mencapai 97 kg. "Dia sakit parah ketika datang ke rumah sakit. Tumor sudah mulai bocor dan itu bisa menyebabkan kematian jika penanganan ditunda," kata dokter A S Jaggi, seorang ahli bedah dari Rumah Sakit Lokpriya, India.

Jaggi mengaku tak pernah melihat tumor sebesar ini sepanjang karirnya 25 tahun menjadi dokter. "Tumor ovarium umum terjadi, tetapi tidak pernah saya lihat yang sebesar ini," kata Jaggi.

Pascaoperasi Kamlesh langsung menjalani perawatan intensif selama satu hari. Tumor juga telah dikirim ke laboratorium untuk dianalisis. Rumah sakit juga telah menghubungi India Limca Book of Records untuk melaporkan apakah kasus ini perlu masuk dalam cacatan.

Tumor raksasa sebelumnya juga dialami pria asal China. Tumor seberat 15 kg itu membuatnya tampak seperti orang hamil. Pria berusia 33 tahun itu juga membiarkan pertumbuhan tumor selama 10 tahun karena ia yakin tumor bissa disembuhkan dengan obat tradisional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.