Kompas.com - 14/05/2016, 08:16 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 
Dokter, anak saya berusia 7 tahun. Beberapa giginya sudah tanggal dan diganti gigi tetap. Tetapi di bagian gigi depan yang sudah dicabut mengapa lama sekali tumbuhnya? Waktu itu dicabut karena giginya sudah goyang. Sudah hampir 6 bulan ia ompong dan tak ada tanda-tanda giginya akan tumbuh. Normalnya berapa waktu gigi tetap akan muncul setelah gigi susu tanggal? Adakah yang bisa dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan giginya?
 
James, Bandung

 
JAWAB:

Halo Pak James di Bandung, pertanyaannya menarik sekali.

Setelah gigi sulung tanggal, biasanya segera diikuti oleh munculnya (erupsi) gigi permanen dalam urutan waktu yang spesifik. Tetapi banyak orang tua yang cemas mengenai variasi waktu erupsi gigi. Erupsi gigi permanen dipengaruhi oleh ras, etnik, jenis kelamin, dan faktor individual. Erupsi gigi merupakan proses yang kompleks dan penuh dengan aturan.

Erupsi gigi yang tertunda merupakan deviasi dari waktu erupsi gigi normal yang biasa terjadi. Hal ini disebabkan oleh faktor umum, faktor lokal maupun sistemik. Berikut ini adalah beberapa hal yang memengaruhi penundaan erupsi gigi permanen:

• Berdasarkan penelitian, erupsi gigi permanen pada anak perempuan lebih cepat dibandingkan dengan anak lelaki. Perbedaan waktunya rata-rata 4-6 bulan.

• Bayi yang lahir prematur pada usia sebelum 37 minggu kehamilan atau berat lahir bayi dibawah 2700 gram, mempengaruhi terjadinya penundaan erupsi gigi sulung dan permanennya.

• Adanya hambatan fisik seperti: luka pada jaringan gusi akibat trauma, jumlah gigi yang berlebihan, tumor odontogenik, tumor non-odontogenik, trauma pada gigi sulung, defisiensi lengkung rahang, kerusakan jaringan akibat radiasi, dan sebagainya. Semuanya dapat memengaruhi penundaan erupsi gigi permanen.

• Kondisi sistemik seperti: kurangnya nutrisi, kurang vitamin D, kelainan kelenjar endokrin, kemoterapi dalam jangka waktu yang panjang, infeksi HIV, cerebral palsy, anemia, gagal ginjal, merupakan beberapa kondisi penyebab penundaan erupsi gigi permanen.

• Kondisi genetik yang dapat memengaruhi penundaan erupsi gigi permanen, antara lain: amelogenesis imperfekta, Down syndrome, cherubism, dan sebagainya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.