Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Mengakibatkan Diabetes pada Anak? Ini Kata IDAI

Kompas.com - 19/07/2024, 07:30 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

Sumber Antara,

KOMPAS.com - Penyakit diabetes tidak hanya menyerang lansia atau orang dewasa. Anak-anak dan remaja juga berisiko terkena diabetes tipe 1 maupun tipe 2. Lantas, apa yang mengakibatkan diabetes pada anak?

Penyebab diabetes tipe 1 pada anak yaitu gangguan autoimun yang mengakibatkan pankreas tidak dapat memproduksi insulin secara optimal.

Baca juga: 4 Gejala Diabetes pada Anak Harus Diwaspadai Para Orangtua

Sementara itu, diabetes tipe 2 atau diabetes melitus umumnya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa yang mengakibatkan diabetes pada anak, simak penjelasan ahli berikut.

Apa yang mengakibatkan diabetes pada anak?

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr. Piprim Basarah Yanuarso Sp.A (K) menjelaskan, penyebab diabetes tipe 1 yaitu sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel penghasil insulin di pankreas.

Ketika produksi insulin menjadi rendah atau bahkan tidak ada, glukosa akan terakumulasi di dalam aliran darah. Akibatnya, tubuh tidak dapat menggunakan glukosa untuk menghasilkan energi.

Karena kondisi tersebut, anak-anak dengan diabetes tipe 1 perlu suntik insulin, meski tidak mengonsumsi makanan dan minuman manis berlebihan.

Sedangkan hal yang mengakibatkan diabetes tipe 2 pada anak yaitu asupan gula berlebihan yang mengakibatkan resistensi insulin.

Pada orang dengan resistensi insulin, pankreas merespons peningkatan kadar glukosa darah dengan membuat insulin ekstra. Akibatnya, pankreas menjadi kelelahan saat resistensi insulin memburuk.

"Pada diabetes tipe 2, salah satu faktor utamanya karena banyak minum dengan pemanis buatan, terutama high fruktosa syrup, ini gula sirup yang banyak dipakai di minuman soft drink," kata dokter Piprim, seperti ditulis Antara, Kamis (18/7/2024).

Ia menambahkan, kebiasaan mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti makanan olahan juga dapat mengakibatkan hiperglikemia atau kenaikan kadar gula darah.

Baca juga: 8 Bahaya Diabetes pada Anak yang Kasusnya Meningkat 70 Kali

 

Apakah diabetes pada anak bisa disembuhkan?

Dokter Piprim menyampaikan bahwa diabetes tipe 2 pada anak yang terjadi akibat pola hidup tidak sehat, masih bisa diperbaiki sesuai sesuai dengan derajat keparahannya.

Menurut Piprim, anak dengan diabetes tipe 2 dapat menjalani gaya hidup sehat, seperti olahraga dan mengatur pola makan.

"Olahraga, mengatur pola makan, kalau sudah remaja bisa dengan intermittent fasting... Intinya gaya hidup yang sehat itu bisa membalikkan diabetes di awal-awal," katanya.

Anak dengan diabetes tipe 2 umumnya tidak memerlukan injeksi insulin, namun perlu disiplin dalam menjalani gaya hidup sehat.

Sementara itu, anak yang mengidap diabetes tipe 1 perlu mendapat suntikan insulin sesuai anjuran dokter. Dokter biasanya juga akan mengajarkan cara pemberian obat suntik dan dosisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau