Kompas.com - 30/05/2016, 19:07 WIB
Kencan pertama shutterstockKencan pertama
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - "Baik pria dan wanita, hormon testosteron lah yang mendorong banyak libido atau gairah," jelas Dr Michael Hirt, pendiri Center for Integrative Medicine di California San Fernando Valley, yang kerap membagikan daftar makanan bagi pasiennya yang mengeluh tentang penurunan gairah seks. "Testosteron rendah, berarti dorongan seks yang lebih rendah."

"Makanan tertentu dapat menurunkan kadar testosteron," lanjut Hirt. Makanan yang paling mungkin untuk melakukannya ialah keju, cokelat, dan alkohol. Makanan ini dapat meningkatkan aktivitas enzim, aromatase, yang mengonversi testosteron menjadi estrogen.

Efek keseluruhan dari peningkatan aktivitas aromatase adalah kadar testosteron lebih rendah dan tingkat estrogen yang lebih tinggi.

Banyak yang menganggap estrogen yang tinggi dan testosteron rendah adalah “bencana” romantisme untuk laki-laki, tetapi wanita juga dapat mengalami gejala yang merugikan, ketika memiliki terlalu banyak estrogen.

The American Association of Naturopathic Physicians mencatat, ketika tingkat estrogen wanita terlalu tinggi, ia mungkin mengalami komplikasi kesehatan termasuk peningkatan gejala PMS, fibroid rahim, dan endometriosis serta gejala lain seperti alergi, penurunan libido, kelelahan, fibrokistik payudara, sakit kepala, infertilitas, lekas marah, dan penumpukan lemak di sekitar perut dan di atas paha.

Selain itu, banyak penelitian yang juga menunjukkan, bahwa kelebihan estrogen dapat menyebabkan kanker payudara, rahim, dan kanker ovarium, bahkan gejala menopause.

Jadi, untuk membantu Anda menjalani malam romantis, berikut daftar makanan yang sebaiknya Anda hindari karena bisa mengganggu kadar hormon pengatur gairah.

 

1. Alkohol
Ada beberapa anggapan tentang alkohol yang nyatanya tidak benar. Alkohol memang dapat membuat seseorang lebih “mudah” untuk memulai hubungan seksual, tapi dapat merusak gairah bercinta sehingga mengurangi kepuasan.
"Minuman beralkohol dapat merusak kehidupan seks Anda dengan menurunkan kadar testosteron dan fungsi seksual," kata Hirt.

 

2. Makanan tepung putih, seperti roti atau pasta
Makanan olahan, terutama semua jenis olahan yang terbuat dari tepung putih, dapat mengurangi kesehatan seksual. Ketimbang gandum atau tepung gandum, semua tepung putih memiliki sangat sedikit seng. Padahal, mineral seng sangat penting untuk kesehatan reproduksi pria.

Selain itu, makan tepung putih dapat menyebabkan resistensi insulin dan memicu diabetes. Pada gilirannya, diabetes meningkatkan risiko penyakit jantung dan disfungsi ereksi.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.