Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/06/2016, 14:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Mandi adalah bagian ritual sehat kita sehari-hari. Air dingin dan panas punya manfaat yang sama bagus untuk kesehatan kita. Mandi air panas bermanfaat meringankan ketegangan otot.

Pancuran air panas amat disarankan untuk melegakan ketegangan otot ini. Semburan air panas ini dapat memijat bahu, punggung dan leher kita.

Banyak studi sudah membuktikan mandi air panas juga meredakan saat kita mengalami serangan kecemasan. Mandi air panas juga melegakan saluran napas. Uap air panas itu melegakan dan melembabkan saluran hidung.

Mandi air dingin sejatinya juga bermanfaat untuk kesehatan. Menyalakan pancuran air dingin selama sekitar lima menit terakhir waktu mandi dapat "membangunkan" tubuh.

Perubahan mendadak suhu air ini bermanfaat menghilangkan kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan mental. Mandi air dingin selama dua hingga tiga menit direkomendasikan untuk mengurangi depresi. Namun, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan terapi ini.

Mandi air dingin juga lebih bersahabat untuk rambut dan kulit kita. Air panas membuat rambut dan kulit jadi kering sementara air dingin bermanfaat melembabkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com