Kompas.com - 04/07/2016, 11:07 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani


KOMPAS.com
– Opor berkuah kuning ditambah taburan bawang goreng siap menemani potongan-potongan ketupat dan daging semur, ada di meja makan. Lalu, di meja tamu ada manisnya tiga sekawan, putri salju, nastar, dan kastengel.‎

Seperti itulah kira-kira gambaran suasana lebaran di dalam rumah masyarakat Indonesia pada umumnya. Meja makan dipenuhi berbagai menu yang mengandung berjuta kenikmatan sekaligus beragam efek samping.

Menu-menu tersebut sebenarnya tidak masalah untuk sesekali dikonsumsi, laiknya bila kita menghadiri perjamuan atau pesta.

Namun, deretan makanan ini menjadi perkara ketika disantap penyandang gangguan metabolisme atau komplikasi penyakit. Misalnya, bila disantap penderita diabetes.

Seorang diabetesi—penderita diabetes—memiliki kewajiban tak tertulis untuk selalu menjaga kadar gula darah dan kesehatan. Semua makanan seakan menjadi musuh ketika hari lebaran tiba.

Satu porsi opor ayam, misalnya, bisa mengandung 700 kalori. Jika dimakan bersama sepotong rendang, maka Anda sama saja menambah 897 kalori ke dalam tubuh.

Padahal, rata-rata kalori yang dibutuhkan tubuh per hari adalah 1.000 kalori untuk wanita dan 2.500 kalori untuk pria.

Sebagian besar kalori dari makanan, layaknya opor dan rendang, yang tidak berubah menjadi energi nantinya akan tersimpan sebagai glukosa. Pada sistem tubuh yang sehat, insulin akan membuka reseptor sel dan menyerap glukosa secara otomatis.

Namun, hal terjadi sebaliknya pada tubuh penderita diabetes. Resistensi insulin membuat glukosa tidak dapat diserap dan mengendap dalam darah.

Mengonsumsi dua menu tersebut pada waktu pagi sama saja sudah menghabiskan jatah kalori harian dalam satu kali makan. Apabila kebablasan, penumpukan kalori pun terjadi dan kadar gula darah Anda malah meroket tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.