Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/07/2016, 12:15 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com - Tak hanya tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah juga bisa menjadi masalah serius bagi kesehatan. Tekanan darah rendah atau hipotensi menyebabkan berkurangnya aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke otak.

Tekanan darah rendah bisa memicu terjadinya stroke dan serangan jantung. Untuk itu, kenali tanda awal terjadinya tekanan darah rendah seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Pusing
Pusing merupakan gejala paling umum dari tekanan darah rendah. Pusing bisa terasa saat berubah posisi, seperti berdiri setelah lama duduk atau beranjak dari kasur.

2.Pingsan
Jatuh pingsan bisa terjadi karena tekanan darah mengurangi sirkulasi darah di otak. Akibatnya otak kekurangan oksigen dan terjadi hilangnya kesadaran.

3. Penglihatan kabur
Aliran darah berkurang ke sejumlah organ vital ketika tekanan darah rendah. Kekurangan oksigen dan nutrisi menyebabkan fungsi organ tidak optimal, termasuk penglihatan kabur.

4. Detak jantung tak normal
Jantung juga bagian yang paling terpengaruh ketika tekanan darah rendah. Detak jantung menjadi tidak normal, seperti berdebar kencang atau tidak teratur.

5. Kulit pucat
Kurangnya aliran darah juga bisa sampai ke lapisan kulit luar. Akibatnya, kulit pun bisa terlihat pucat atau menguning.

6. Otot leher kaku
Otot leher ikut berperan dalam mengontrol tekanan darah, denyut jantung dan pernapasan. Ketika tekanandarah menurun, bisa menyebabkan otot leher yang kaku.

7. Berkeringat
Tekanan darah rendah bisa menyebabkan kehilangan cairan tubuh yang keluar melalui keringat. Kurangi aktivitas ketika keringat mulai berlebihan diikuti tekanan darah rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com