Kompas.com - 17/07/2016, 20:56 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Anda sudah tidur selama delapan jam semalam. Ketika bangun dan bercermin, nampak pemandangan mengerikan, ada lingkaran hitam yang nampak berat di bawah mata dan wajah Anda terlihat begitu lelah.

Meski sudah cukup tidur, ada banyak alasan lain yang dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Inilah yang terjadi:

 

Apa Penyebab Lingkaran Hitam?

Faktor keturunan. "Beberapa orang, terutama mereka yang berkulit zaitun atau gelap, secara genetik memiliki lingkaran hitam di bawah mata mereka," kata Rebecca Kazin, MD, seorang dokter kulit di Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery di Washington, DC.

Wanita berkulit gelap sering berurusan dengan hiperpigmentasi, yang terjadi ketika area kulit menjadi lebih gelap karena melanin atau pigmen pemberi warna kulit, meluap-luap.

lingkaran hitam juga sering terjadi saat usia bertambah. Kulit di bawah mata sangat tipis dan akan menjadi semakin tipis sejalan usia. Lingkaran hitam berukuran besar, yang nampak seperti cekungan kosong, adalah hasil dari hilangnya volume kelembapan dan elastisitas kulit di bawah mata.

Alergi adalah pelaku lainnya. Kulit di bawah mata Anda dapat menjadi lebih gelap jika Anda menggosok mata karena gatal alergi, kata Kazin.

Kebiasaan makan Anda juga bisa disalahkan. Gizi buruk dapat berkontribusi membentuk lingkaran hitam.

"Fluktuasi turun-naik berat badan dengan cepat menyebabkan Anda juga kehilangan volume pada wajah," jelas Kazin.

 

Bagaimana Mencegahnya?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.