Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/08/2016, 15:11 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com - Bersiap untuk tidur tapi perut masih “terjaga” atau Anda tiba-tiba terbangun di tengah tidur malam karena perut lapar, Anda bisa memilih salah satu dari makanan ringan yang sehat ini untuk memuaskan rasa lapar di malam hari.


Yoghurt

Ketika muncul keinginan makan sesuatu yang creamy, cobalah untuk tidak mengonsumsi es krim melainkan secangkir yoghurt plain. Dua sendok keju cottage juga dapat menjadi pilihan.

Kedua makanan ini tinggi protein, kalsium, mineral, dan bakteri baik yang terbukti dapat membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan kesehatan pencernaan, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.


Anggur

Jika Anda mencari camilan manis di larut malam, anggur adalah pilihan yang sehat dan menghidrasi. Terbuat dari 82 persen air, satu genggam anggur memberikan 1/2 cangkir air.

Makanan ringan yang juga sehat untuk jantung, buah anggur merupakan sumber antioksidan alami yang menguntungkan dan mengandung senyawa baik polifenol.


Popcorn tawar

Alih-alih meraih sekantong keripik berminyak dengan berbagai rasa, cobalah popcorn. Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association menemukan, bahwa pemakan popcorn mendapatkan 250 persen lebih biji-bijian dalam diet mereka ketimbang orang yang tidak makan popcorn.


Pistachio

Jika Anda suka makanan ringan dengan rasa gurih, cobalah meraih beberapa butir pistachio sebelum tidur.

Penelitian menunjukkan, bahwa mengemil kacang pistachio tak menyebabkan kenaikan berat badan, justru mempromosikan penurunan faktor risiko penyakit kardiovaskular. Agar tak berlebihan, pilih pistachio yang masih memiliki cangkang, sehingga Anda memakannya satu per satu.


Telur goreng

Jika Anda ingin sebuah porsi yang lebih besar sebelum tidur, sandwich telur goreng bisa menjadi pilihan. Gunakan sedikit minyak zaitun untuk menggoreng telur Anda dan sepotong roti panggang gandum yang mengandung 10 gram protein dan sekitar 200 kalori.

Studi menunjukkan bahwa telur dapat berperan dalam menjaga berat badan, kekuatan otot, kehamilan yang sehat, fungsi otak, kesehatan mata dan banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com