Kompas.com - 15/08/2016, 20:35 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

tKOMPAS.com - Banyak yang mengatakan, berenang setelah makan dapat menyebabkan keram perut yang menjadi penyebab tenggelam. Sehingga Anda perlu menunggu satu jam untuk berenang setelah makan.

Kabar baiknya, tidak pernah ada kasus kematian dikaitkan dengan berenang, karena perut penuh dengan makanan.

Hanya saja, Anda mungkin berisiko lebih besar untuk merasakan mual atau sakit perut, papar Dr Manuel Alvarez, M.D. Namun, bila hal itu terjadi, Anda cukup keluar dari air dan istirahat sebentar. Umumnya tubuh akan kembali bugar.

Dengan kata lain, 60 menit menunggu untuk berenang setelah makan tidak diperlukan. Teori di balik 60 menit waktu tunggu merupakan anggapan, bahwa tanpa suplai darah yang cukup, otot-otot perut dapat kram karena kekurangan oksigen, sehingga dapat menyebabkan seseorang tenggelam.

Kenyataannya, proses pencernaan memang mengalihkan aliran darah ke perut, namun selama aktivitas fisik, jantung akan memompa darah ke otot-otot, sehingga aliran ke perut dapat dikurangi. Bila Anda melalukan pemanasan yang baik, keram perut kemungkinan tidak akan terjadi.

“Yang perlu diperhatikan adalah ketika Anda mengajak anak-anak berenang, karena adanya risiko tenggelam. Tenggelam sendiri merupakan penyebab utama kematian bagi bayi dan anak. Dan penyebab tenggelam terbesar bukanlah karena anak makan sebelum berenang, melainkan karena kurangnya pengawasan orangtua,” papar Alvarez.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Fox News

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.