Kompas.com - 29/08/2016, 11:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Anda sangat sibuk dengan pekerjaan, ditambah lagi harus menghadapi kemacetan lalu lintas dalam perjalanan pulang ke rumah. Jadi, mungkin karena sudah terlalu lelah dengan rutinitas harian, beberapa kali, Anda lupa untuk menyikat gigi sebelum tidur.

Begitu ingat bahwa Anda lupa menyikat gigi, Anda khawatir jangan-jangan akibat kelalaian itu, ada bakteri jahat yang akan mampir, tumbuh dan kemudian menyebabkan sakit gusi dan menggerogoti gigi sehat Anda.

 

Jika Anda Seringkali Hanya Menyikat Gigi Sekali Sehari

Hal terburuk yang akan terjadi: Ya, Anda bisa sakit gusi. Tanda pertamanya adalah gusi berdarah saat Anda menyikat gigi, kata Keith Arbeitman, DDS, dari Arbeitman & Shein Dentistry di Manhattan.

Mengabaikan keharusan menyikat gigi yang kedua, berarti menumpuk sisa makan pagi, siang, malam dan camilan di sekitar gigi dan gusi Anda.

"Jika Anda makan makanan manis, berarti Anda memberi hadiah yang disukai oleh bakteri di gigi Anda," kata Arbeitman. Lalu, Anda membiarkan bakteri itu sepanjang malam tinggal di dalam mulut."

Jika hal ini sering terjadi, Anda akan kehilangan gigi dan mungkin harus mempertimbangkan implan.

 

Yang mungkin terjadi: Selama Anda tetap berpegang pada jadwal menyikat gigi sekali sehari, hanya ada peluang tipis Anda akan berakhir dengan penyakit gusi sepenuhnya, jelas Arbeitman.

Penumpukan plak yang menyebabkan penyakit gusi membutuhkan waktu setidaknya 24 jam untuk berkembang. Jadi, jika Anda menyikat sekali sehari, Anda akan mengganggu bakteri sebelum mereka mendapat kesempatan untuk membuat kekacauan di gusi Anda.

Namun, gigi menjadi rapuh adalah sesuatu yang pasti terjadi, terutama jika Anda hanya menyikat gigi di pagi hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.