Kompas.com - 30/08/2016, 16:10 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Penyakit jantung lebih manjur diobati dengan diet Mediterania dibandingkan obat penurun kolesterol. Pola makan kaya sayur, ikan, kacang-kacangan itu dapat menurunkan kematian pasien jantung sampai 37 persen.

Hal ini terbukti dalam sebuah penelitian. Riset itu mengikuti 1.200 orang yang memiliki riwayat penyakit jantung. Peneliti menemukan, mereka yang mengikuti dengan patuh diet sejenis Mediterania cenderung berumur lebih panjang.

Profesor Giovanni de Gaetano, kepala departemen Epidemiologi dan pencegahan dari IRCCS Neuromed Institute di Italia mengatakan, diet memiliki dampak kuat dan dokter harus mempertimbangkan asupan makanan sebelum memberikan obat kepada pasien.

"Diet Mediterania dikenal luas sebagai kebiasaan makan lebih sehat di dunia," katanya.

Kenyataannya, banyak studi ilmiah sudah membuktikan bahwa gaya hidup Mediterania tradisional berhubungan dengan risiko lebih rendah terhadap banyak penyakit kronis. Lebih penting lagi risiko rendah kematian karena penyakit.

Sejauh ini riset berfokus pada populasi umum yang terutama terdiri dari masyarakat sehat. Apa yang terjadi pada orang yagn sudah terkena penyakit jantung dan pembuluh darah? Apakah diet Mediterania juga bagus untuk mereka?

Obat penurun kolesterol seperti statin sebelumnya dipercaya merupakan cara terbaik untuk mengatasi penyakit jantung. Tetapi, statin hanya membantu mengurangi masalah jantung sampai sekitar 24 persen.

Para ahli menyarankan yang terbaik agar mengombinasikan dua hal itu, yaitu mengonsumsi diet Mediterania bersama dengan minum obat penurun kolesterol untuk mengobati penyakit jantung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.