Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/09/2016, 16:09 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com - Berkeringat adalah cara alami tubuh untuk mendinginkan suhu tubuh. Tetapi, jika Anda berkeringat lebih dari normal, atau ketika Anda tidak aktif secara fisik namun keringat tetap keluar, itu bisa menjadi pertanda masalah kesehatan.

Berkeringat dikaitkan dengan berbagai kondisi kesehatan seperti penyakit tiroid, diabetes, infeksi, refluks asam, dan menopause. Kondisi kejiwaan yang tidak stabil, seperti stres serta depresi, dan juga perubahan tekanan darah juga dapat menyebabkan keringat berlebihan.

"Jika Anda melihat perubahan mendadak dalam beberapa hari, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter, sehingga bisa segera mendapat diagnosa atas masalah kesehatan Anda. Adakalanya kondisi ini memerlukan obat" kata Dr Manny Alvarez, pengasuh rubrik kesehatan senior dari FoxNews.com.

Pengobatan untuk keringat berlebih atau hiperhidrosis termasuk resep antiperspirant, obat-obatan, dan dapat pula berupa operasi untuk mengangkat kelenjar keringat atau melepaskan saraf, agar keringat berlebih dapat ditangani.

Beberapa pasien juga beralih ke botox, yang merupakan pengobatan yang disetujui FDA untuk menjaga tubuh dari memproduksi keringat berlebih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com