Kompas.com - 15/09/2016, 08:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Sering kali sakit kepala terus menerus diabaikan oleh penderitanya. Sakit kepala seperti itu bisa jadi merupakan indikasi adanya tumor otak.

Sakit kepala kerap diobati dengan pereda nyeri, kendati itu tidak mengobati penyebab nyeri di kepala itu. Nyeri persisten itu dapat disebabkan oleh tekanan di kepala karena keberadaan tumor di otak.

"Biasanya gejala ini merupakan jenis nyeri kepala baru yang belum pernah dialami sebelumnya," kata Dr Robert Martuza, profesor ilmu saraf dari Harvard Medical School.

Nyeri itu terjadi lambat tapi terus menerus dan bertambah seiring perbesaran tumor. Tekanan pun mulai terjadi di dalam kepala.

Jika terjadi tumor, sakit kepala terasa intens di pagi atau malam hari karena tekanan meningkat di otak ketika kita tidur.

Ketika mengalami sakit kepala terus menerus, sebaiknya jangan diabaikan. Segeralah cari pengobatan dari dokter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.