Kompas.com - 30/09/2016, 10:03 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Senyum cerah dan gigi putih tentu penting untuk meningkatkan rasa percaya diri. Namun, usia yang bertambah akan membuat gigi kita bertambah kusam. Selain itu, pola makan yang buruk juga dapat memudarkan warna putih mutiara dan membuat gigi menguning.

Sejalan usia, enamel permukaan mulai retak dan mengikis dentin, membuat zat-zat makanan, termasuk warna makanan, terserap ke arahnya. Inilah yang menyebabkan noda menempel menjadi plak dan tartar pada gigi dan akhirnya membuat penampilan gigi menjadi kuning, menurut American Dental Association and Crest.

Anda mungkin akan terkejut makanan apa saja yang bisa membawa malapetaka pada kesehatan gigi Anda. Identifikasi dan hindari mengonsumsi makanan penyebab gigi menguning ini.

1. Teh hitam

Jenis teh mengandung banyak tanin bisa menodai gigi Anda lebih cepat daripada jika Anda mengonsumsi teh hijau.

Jika Anda masih ingin mengonsumsi teh, Anda dapat mengganti teh hitam dengan teh hijau atau teh putih untuk mengurangi efek tanin.

2. Minuman manis dan soda

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Banyak merek soda, minuman manis dan minuman olahraga mengandung asam sitrat, gula asam, dan asam fosfat, yang akan mengikis enamel dalam jangka panjang, terutama jika Anda meminumnya tanpa menyikat gigi atau berkumur sesudahnya.

Minuman-minuman itu sering mengandung pewarna karamel yang dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi.

3. Penambah rasa

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X