Anak Gampang Sakit karena Jadi Perokok Pasif

Kompas.com - 07/10/2016, 12:00 WIB
Ilustrasi merokok di kabin dengan anak kecil. WorldcarfansIlustrasi merokok di kabin dengan anak kecil.
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Dok saya mau bertanya tentang efek asap rokok pada anak. Kebetulan karena saya dan suami bekerja, saya menitipkan anak saya yang balita ke ibu saya yang memiliki warung makan. Setiap hari warung yang lokasinya di garasi rumah ibu saya ini ramai oleh pembeli, terutama jam makan siang. Masalahnya, terkadang pembeli itu pada merokok.

Apakah ada pengaruhnya jika anak saya bermain di sekitar lokasi itu? Sejauh ini kondisi anak memang sepertinya gampang sakit batuk pilek. Apakah ada kaitannya?
Zulfa (24), Tangerang


JAWAB :

Asap rokok memiliki dampak negatif terhadap saluran napas terutama pada anak. Asap rokok akan merusak sel-sel di dinding saluran napas yang sebenarnya merupakan "pagar" dan benteng untuk menjaga agar kuman tidak mudah masuk dan menyebabkan gangguan di saluran napas/infeksi saluran napas.

Tidaklah heran pada anak-anak yang sering terpapar asap rokok mudah menderita infeksi saluran napas berulang. Asap rokok juga dapat menjadi pemicu serangan asma pada anak-anak yang menderita asma.
 


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X