Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titip Anak di "Day Care" Tingkatkan Risiko Obesitas?

Kompas.com - 14/10/2016, 13:07 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Foxnews

KOMPAS.com - Banyak orangtua bekerja yang membawa anaknya ke tempat penitipan atau day care. Namun, sebuah penelitian sempat membuat sejumlah orangtua khawatir.

Penelitian tersebut menyatakan, anak-anak yang menghabiskan waktu di tempat penitipan cenderung memiliki berat badan berlebih dibanding anak-anak yang dirawat dengan orangtua di rumah.

Akan tetapi, penelitian tersebut tak menemukan hubungan sebab akibat antara tempat penitipan anak dan risiko obesitas.

Kemudian, penelitian terbaru di Amerika Serikat menunjukkan, menitipkan anak di tempat penitipan ternyata tidak meningkatkan risiko obesitas.

Penelitian ini melibatkan 10.700 anak-anak mulai dari usia 9 bulan hingga memasuki TK atau usia 5 tahun.

"Studi kami meragukan penelitian sebelumnya bahwa anak yang tidak dirawat orangtuanya dikaitkan dengan risiko obesitas," kata Dr Inyang Isong, seorang peneliti di Universitas Harvard dan Rumah Sakit Anak Boston seperti dikutip dari Foxnews.com.

Isong mengatakan, tidak dapat disimpulkan bahwa Day Care meningkatkan risiko anak menjadi obesitas. Sebab, setiap tempat penitipan anak memiliki pola perawatan anak yang berbeda-beda.

Obesitas sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti bagaimana kualitas makan atau gizi anak di rumah, status sosial ekonomi keluarga, hingga karakteristik lingkungan.

Seorang pediatri dan peneliti nutrisi dari University of North Carolina, Dr Eliana Perrin M mengatakan, dalam kehidupan anak saat ini sangat sulit untuk menentukan salah satu faktor yang menyebabkan obesitas.

Setiap orangtua pastinya akan memilih tempat penitipan yang dianggap terbaik untuk anaknya.

Menurut Perrin, jangan lupa untuk memastikan anak mendapat makanan dan minuman sehat selama di tempat penitipan dan melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik sangat membantu anak untuk terhindar dari obesitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com