Kompas.com - 27/10/2016, 19:25 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Pernah ada rumor yang mengatakan bahwa rahasia keindahan payudara Marilyn Monroe terletak di kebiasaannya memakai bra saat tidur. Mungkin, banyak wanita yang percaya dan mempraktikkan hal yang sama dengan Monroe.

Tapi, kita perlu bisa membedakan mana mitos dan mana fakta ilmiah agar tidak terjebak ke dalam harapan palsu.

Pertama, penting untuk memahami apa yang menyebabkan payudara Anda menjadi kendur.

Payudara kendur disebabkan oleh kombinasi berbagai hal. Hilangnya elastisitas akibat bertambahnya umur adalah penyebab utama. Mirip dengan kulit wajah, kulit di sekitar payudara juga akan kehilangan kekencangannya karena usia.

"Bahkan payudara kecil juga bisa menjadi kendur, karena kehilangan elastisitas," kata Elliott Heller, M.D. dari Associates in Plastic Surgery.

Lemak juga memainkan peran utama dalam menentukan kekencangan payudara Anda. "Penuaan, terutama menjelang dan sesudah masa menopause, bisa meningkatkan jumlah kandungan lemak payudara," jelas Jamil Abdur-Rahman, M.D., ketua Divisi Kebidanan dan Kandungan di Medical Center Vista East di Illinois.

Dengan bertambahnya jumlah kandungan lemak maka bobot payudara juga akan meningkat dan memberi beban lebih pada jaringan ikat yang menyangga payudara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terakhir, jaringan kelenjar juga memainkan peran utama dalam menjaga kekencangan payudara. Jaringan-jaringan ini ada di daerah yang berbeda di tubuh Anda. Mereka bertanggung jawab untuk menjaga debit cairan tubuh seperti air liur, cairan vagina dan ASI. Jaringan kelenjar ini sangat tipis namun padat.

"Bila Anda memiliki jaringan kelenjar dalam jumlah yang banyak, payudara akan nampak lebih kencang," kata Abdur-Rahman.

Sangat sulit untuk mengetahui apakah payudara Anda memiliki jaringan kelenjar dalam jumlah banyak jika hanya mengandalkan pemeriksaan tradisional atau pandangan mata.

Halaman:

Sumber SELF
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X