Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stimulasi Kecerdasan Anak dengan Membacakan Buku

Kompas.com - 06/11/2016, 09:15 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.om - Membacakan buku cerita merupakan salah satu kegiatan yang disukai anak-anak. Ternyata, kegiatan itu juga dapat dimanfaatkan untuk menstimulasi kecerdasan anak.

Seperti diungkapkan pakar kecerdasan multipel, Dr Thomas Armstrong, ada 8 tipe kecerdasan anak. Setiap anak bisa menonjol dalam satu atau lebih dari 8 tipe kecerdasan itu.

Menggunakan buku Dr Seuss's Sleep Book, Thomas pun mencontohkan 8 cara membaca buku untuk menstimulasi masing-masing kecerdasan anak tersebut.

"Penting untuk orangtua menstimulasi semuanya (8 jenis kecerdasan anak). Kalau distimulasi, anak akan punya kesempatan mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya," kata Thomas dalam acara peluncuran Parenting Club di Jakarta, Kamis (3/11/2016).

1. Word smart (kecerdasan linguistik)
Untuk menstimulasi kecerdasan linguistik anak, bacakanlah buku-buku dengan mengucapkan kata-kata yang jelas dan menyenangkan. Anak jadi bisa menyukai berbagai kata yang diucapkan.

2. Number smart (kecerdasan logika atau matematis)
Di dalam buku cerita anak-anak biasanya dipenuhi oleh gambar-gambar menarik. Ajak anak menghitung jumlah gambar-gambar yang ada di buku. Misalnya menghitung ada berapa orang di dalam gambar buku tersebut.

3. Picture smart (kecerdasan spasial)
Dengan membacakan buku cerita bergambar, orangtua sudah sekaligus menstrimulasi kecerdasan spasial pada anak. Bisa dengan cara menjelaskan maksud dari gambar di buku tersebut.

4. Musik smart (kecerdasan musikal)
Membacakan buku bukan berarti tidak bisa menstimulasi kecerdasan musikal. Thomas mencontohkan, bacakanlah setiap kata sambil bersenandung.

5. Body smart (kecerdasan kinetik)
Jangan malas-malasan saat membacakan buku untuk anak. Anda harus penuh ekspresi dengan mengikuti alur cerita di buku. Bisa juga dengan jara menggerak-gerakan tangan dan badan. Cara ini bisa untuk menstimulasi kecerdasan kinetik anak.

6. Nature smart (kecerasan naturalis)
Anak yang memiliki kecerdasan naturalis sangat suka bermain di alam, seperti bermain di taman dan menyukai hewan. Sambil membacakan buku cerita, Anda bisa menceritakan bagaimana hewan juga tidur, misalnya burung membuat sarangnya untuk tidur.

7. People smart (kecerdasan interpersonal)
Ajak anak untuk membaca buku bersama-sama dan bawalah alur cerita menjadi sebuah drama. Anak dengan kecerdasan interpersonal ini sangat suka bermain drama atau teater boneka.

8. Self smart (kecerdasan intrapersonal)
Berkebalikan dengan kecerdasan interpersonal, anak dengan kecerdasan intrapersonal cenderung lebih suka bermain sendirian.

Saat membacakan buku Dr Seuss, orangtua bisa sambil mengajak anak menceritakan pengalamannya saat tidur, misalnya apakah suka mengorok dan mimpi indah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com