6 Tanda Terjadi Pembekuan Darah

Kompas.com - 06/12/2016, 09:05 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com -Pembekuan darah menguntungkan jika terjadi saat cedera atau terluka untuk menghentikan pendarahan. Akan tetapi, pembekuan darah juga bisa terjadi di dalam pembuluh darah dalam dan dekat otot.

"Ketika pembekuan darah terjadi pada pembuluh darah yang lebih dalam, bisa sangat menyakitkan dan berbahaya," kata Pendiri Pusat Pengobatan Pembuluh Darah di New York City, Luis Navarro, M.D.

Dalam istilah medis, kondisi pembekuan darah itu dikenal dengan dengan deep vein thrombosis (DVT). DVT bisa menyebabkan kemacetan pada sirkulasi darah. Dalam kondisi yang lebih parah, pembekuan darah bisa berjalan ke daerah paru-paru dan terjadilah emboli paru.

Masalah yang terjadi berikutnya, yaitu organ-organ vital tak cukup mendapat oksigen dan darah yang dibutuhkan sehingga akan berakibat fatal.

Dokter Luis mengatakan, sangat penting untuk mengenali tanda-tanda terjadinya pembekuan darah tersebut. Dengan begitu, pengobatan yang tepat bisa segera dilakukan dan mencegah terjadinya emboli paru. Setidaknya ada 6 tanda terjadinya pembekuan darah atau DVT.

1. Kaki bengkak
DVT umumnya bermula dari pembengkakkan di daerah kaki. Hal ini terjadi karena pembekuan darah atau darah yang menggumpal telah memblokir aliran darah di kaki. Akhirnya terjadi pembengkakkan. DVT bisa terjadi ketika Anda duduk terlalu lama tanpa melakukan peregangan.

2. Kaki atau lengan terasa nyeri
Rasa nyeri pada tungkai kaki dan lengan bisa jadi tanda DVT. Rasa nyeri yang muncul biasanya hanya dikira kram otot atau ketegangan.

Rasa nyeri memang bisa disebabkan oleh banyak hal. Akan tetapi, waspadai DVT jika disertai gejala lain seperti bengkak atau kemerahan. Terkadang rasa nyeri juga terjadi tanpa gejala lain. Biasanya, terasa nyeri saat mulai berjalan atau mengayunkan kaki ke atas.

3. Kulit memar
Memar atau muncul kemerahan pada kulit merupakan tanda adanya gumpalan darah. Memar umum terjadi pada semua orang.

Menurut National Blood Clot Alliance, pada kondisi DVT kemerahan biasanya terjadi di kaki atau lengan dan menyebabkan rasa hangat ketika disentuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Sumber Menshealth
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X