Kompas.com - 21/12/2016, 17:11 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Benjolan di payudara merupakan salah satu gejala kelainan pada payudara. Meski demikian, sebagian besar benjolan bukanlah kanker.

Benjolan di payudara bisa diketahui melalui pemeriksaan payudara sendiri (Sadari). Untuk memastikan apakah benjolan tersebut tumor jinak atau kanker, perlu dipastikan lewat pemeriksaan USG atau mamografi.

"Sekitar 9 dari 10 benjolan di payudara bukanlah kanker. Tapi ada ciri-ciri yang perlu dicurigai sebagai kanker," kata dr.Yadi Permana, spesialis bedah onkologi dalam acara "Rumpian Beha" yang diadakan oleh Yayasan Kanker Payudara Indonesia dan Roche di Jakarta (21/12/2016).

Yadi menjelaskan, ciri-ciri yang perlu diwaspadai kanker antara lain benjolan hanya terdapat di satu payudara, saat diraba terasa keras, permukaan tidak rata, serta tidak mudah digerakkan.

"Benjolan akibat kanker juga biasanya tidak menimbulkan nyeri. Kalau ada nyeri justru biasanya hanya tumor jinak atau karena hormonal," kata dokter dari RSUP Fatmawati Jakarta ini.

Untuk memastikan jenis benjolan yang teraba, dokter menyarankan pemeriksaan USG atau mamografi. Jika memang terdapat tumor, pemeriksaan selanjutnya adalah biopsi untuk mengetahui tumornya jinak atau ganas.

Yadi mengatakan, Sadari seharusnya dilakukan secara rutin untuk mendeteksi dini kelainan pada payudara. Bila kanker ditemukan dalam stadium dini kemungkinan sembuhnya lebih besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.