Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2016, 19:03 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Bila produksi lendir berlebihan membuat pilek atau batuk bertambah parah, sebaiknya hindari mengonsumsi susu untuk sementara waktu.

Alissa Rumsey, ahli nutrsi dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan, meskipun susu, yogurt, dan produk susu tidak benar-benar menyebabkan tubuh memproduksi lendir lebih banyak.

Namun pada beberapa orang, susu dapat membuat lendir yang sudah ada di tenggorokan Anda lebih tebal. Sehingga, penyakit berlendir seperti pilek dan batuk menjadi lebih tak tertahankan.

Jadi, jika Anda mengalami hal-hal yang tampaknya membuat penyakit flu lebih parah, pertimbangkan untuk menghindari produk susu sementara waktu. Namun, jika itu tidak mengganggu Anda, silakan melanjutkan untuk mengonsumsi susu.

Susu dan olahannya adalah sumber yang baik dari protein dan vitamin D yang dapat membantu tubuh melawan infeksi," kata Rumsey. "Plus, yogurt memiliki probiotik yang dapat membantu menyeimbangkan bakteri usus Anda."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com