Serangan Jantung dan Gagal Jantung Mengintai Peminum Alkohol

Kompas.com - 03/01/2017, 11:15 WIB
Ilustrasi minuman beralkohol. ThinkstockphotosIlustrasi minuman beralkohol.
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Selama ini, kelebihan konsumsi minuman berakohol dikenal dapat merusak lever atau hati, meningkatkan tekanan darah tinggi, dan memicu kanker. Dalam penelitian terbaru disimpulkan, minum alkohol yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan gagal jantung.

Para peneliti di University of California, San Francisco telah menganalisis data 15 juta pasien yang masuk rumah sakit antara tahun 2004-2009. Sebanyak 286.000 pasien di antaranya didiagnosis penyalahgunaan alkohol.

Penelitian menemukan, peminum berat dua kali lipat berisiko memiliki detak jantung yang tidak teratur dan lebih dari dua kali lipat berisiko gagal jantung. Selain itu, mereka juga 40 persen berisiko terkena serangan jantung.

"Kami agak terkejut menemukan mereka yang didiagnosis penyalahgunaan alkohol ternyata berisiko lebih tinggi terkena serangan jantung," ujar ketua tim peneliti Dr Gregory Marcus dari University of California.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American College of Cardiology ini membantah penelitian sebelumnya yang menyatakan konsumsi alkohol justru bisa menyehatkan jantung.

Sayangnya, belum diteliti lebih lanjut bagaimana mekanisme alkohol berlebihan dalam tubuh dapat merusak jantung. Peningkatan risiko penyakit jantung barangkali terkait dengan tingginya tekanan darah karena minum minuman berakohol.

Kepala Pusat Informasi Kesehatan di Penelitian Kanker Dunia Fund, Sarah Toule pun mengatakan, tidak ada manfaat kesehatan dari konsumsi alkohol.

Minum minuman berakohol hanya akan mendapatkan efek berbahaya bagi tubuh. Ia mengatakan, peminum alkohol berisiko terkena kanker, seperti kanker payudara dan usus.

"Faktanya, jika tidak ada yang minum alkohol, sekitar 21.000 kasus kanker di Inggris setiap tahunnya bisa dicegah," kata Sarah.

Adanya penelitian ini dihaapkan dapat membuat para peminum alkohol tak lagi mencari pembenaran untuk terus konsumsi alkohol dalam jumlah banyak.


Sumber Telegraph
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X