Kompas.com - 06/01/2017, 21:05 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Kebanyakan rasa sakit dan nyeri bukan pertanda adanya sesuatu yang serius, tetapi ada gejala tertentu yang sebaiknya segera diperiksakan pada dokter. Pergilah meminta bantuan dokter jika Anda merasakan salah satu dari hal-hal ini:

1. Lemah tangan dan kaki

Jika merasakan tangan, kaki dan wajah, terutama separuh tubuh menjadi lemah atau mati rasa, atau perasaan yang sama di kaki atau wajah, itu bisa menjadi tanda stroke.

Mungkin juga Anda mengalami stroke jika Anda tidak dapat menjaga keseimbangan, merasa pusing, atau memiliki kesulitan berjalan.

2. Nyeri Dada

"Setiap nyeri dada, terutama yang disertai dengan berkeringat, sesak napas, atau mual, harus dievaluasi oleh seorang profesional medis segera," kata Shilpi Agarwal, MD, dengan One Medical Group di Washington, DC.

Nyeri dada atau dada merasa tertekan bisa menjadi tanda penyakit jantung atau serangan jantung, terutama jika terjadi setelah Anda beraktivitas fisik.

3. Nyeri di belakang kaki bagian bawah

Ini bisa menjadi gejala dari pembekuan darah di kaki yang biasa disebut deep vein thrombosis, atau DVT. Hal ini dapat terjadi setelah Anda duduk untuk waktu yang lama.

Jika yang terjadi ternyata adalah penggumpalan darah, Anda mungkin merasa sakit terutama ketika berdiri atau berjalan.

Halaman:
Sumber WebMD

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.