Kompas.com - 17/01/2017, 21:47 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sama seperti wajah, vagina Anda juga akan mengendur sejalan dengan bertambahnya umur. Salah satu perbedaan penting, ada banyak produk untuk membantu menjaga wajah tampak tetap kenyal. Namun, tidak demikian dengan vagina.

"Dokter tidak selalu menginfokan kepada pasien mengenai penuaan vagina," kata Karen Boyle, MD, ahli kesehatan seksual wanita dan peremajaan vagina.

Dimulai pada awal usia 20-an, Anda akan mulai kehilangan lemak di labia mayora dan mons pubis. Saat mendekati menopause, lapisan vagina jadi menipis, aliran darah berkurang dan otot-otot dasar panggul melemah, kata ginekolog kosmetik Marco Pelosi, III, M.D.

Vagina yang kendur dapat menghancurkan rasa percaya diri wanita. Mungkin, ini sebabnya banyak wanita melakukan operasi plastik untuk vagina. Tapi, sebelum Anda juga ikut melakukan operasi plastik, coba dulu trik-trik mengencangkan vagina berikut ini.


1. Hindari diet yoyo

Diet yoyo menyebabkan berat badan naik turun. Berat badan tidak stabil menyebabkan otot vulva vagina semakin mengendur. "Semakin sering berat badan naik turun, semakin besar peregangan yang terjadi," kata Pelosi.

2. Senam kegel

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kita tahu manfaat senam kegel untuk mengencangkan otot-otot vagina. Tapi, banyak wanita jarang melakukannya. Kalaupun dilakukan, intensitasnya kurang, kata Pelosi.

Pelosi menyarankan agar wanita melakukan senam kegel dengan menahan otot dasar panggul selama lima detik, rileks, ulangi 100 kali tiga kali sehari.

3. Ganti kursi kantor

Halaman:

Sumber Shape

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X