Kompas.com - 06/02/2017, 15:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Ada banyak jenis kanker yang bisa menyerang anak-anak. Tetapi, Eden Green, gadis berusia 11 tahun asal Amerika Serikat terkena kanker langka yang belum ada namanya. Semuanya berawal saat Eden merasakan nyeri di kakinya saat ia berusia 10 tahun.

"Pada bulan Maret, suatu pagi saya terbangun dan merasakan nyeri berdenyut. Rasa sakit terus terasa pada hari itu," cerita Eden seperti dikutip dari Fox News.

Namun, rasa sakitnya tak kunjung hilang hingga membuat Eden sulit berjalan. Ia kemudian diperiksa di Texas Children’s Hospital. Dokter menyatakan Eden memiliki tumor.

Eden pun menjalani biopsi untuk mengecek tumor tersebut. Hasilnya ternyata tumor ganas  dan agresif. Tumor dengan cepat bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Dalam pemeriksaan lebih lanjut, tumor ganas itu sudah menyebar ke bahu Eden. Ibu Eden, Shannon Green mengungkapkan, tumor ternyata juga menjalar ke tulang punggung, panggul, dan kedua femur atau tulang pahanya. Namun tim dokter tak tahu pasti jenis kanker yang menyerang Eden.

"Kanker Eden sangat langka. Kami belum pernah melihat ini sebelumnya. Kanker ini juga belum ada dalam literatur," ujar Dr. Jennifer Foster dari Texas Children's Cancer Center.

Eden pun akhirnya menjalani 14 kali kemoterapi dan radioterapi selama enam minggu. Terapi itu umumnya diberikan kepada anak dengan kanker neuroblastoma atau sarkoma. Kanker merespon pengobatan dengan baik, tetapi beberapa terapi pengobatan melemahkan tulang Eden.

Dokter Foster mengatakan, Eden juga menjalani operasi pinggul untuk menstabilkan tulang pinggulnya. Selain itu, diperlukan terapi fisik untuk mengembalikan kekuatan tulangnya.

Untuk memastikan kanker tidak kembali, Eden akan rutin menjalani pemeriksaan ke dokter. Kondisi Eden yang ceria itu pun terus membaik.

Baru-baru ini, ia bahkan akan pergi menonton Super Bowl di Stadion NRG Houston. Eden sangat beruntung karena mendapat tiket gratis menonton pertandingan sepakbola itu dari Hyundai Hope on Wheels yang peduli terhadap kanker anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Foxnews

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.