Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lapar Tengah Malam? Lakukan Ini agar Berat Badan Aman

Kompas.com - 02/04/2017, 17:05 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Anda baru saja merangkak ke tempat tidur dan tiba-tiba rasa lapar menyerang. Anda tahu, makan pada waktu larut malam tidak baik untuk pinggang Anda, atau bahkan untuk tidur Anda.

Anda bingung harus bagaimana, mengabaikan rasa lapar, ngemil atau makan nasi dan lauk-pauk agar terjamin kenyang.

Berikut saran tentang apa yang harus dilakukan dan bagaimana menangkal lapar menjelang tidur.

Pertama, cari tahu apakah Anda benar-benar lapar
Langkah pertama adalah menentukan apakah Anda benar-benar membutuhkan makanan, atau mengalami kelaparan palsu dipicu oleh kebiasaan, kecemasan, atau keinginan untuk bersenang-senang dengan makanan.

Untuk melakukan itu, perhatikan tanda-tanda tubuh seperti: Apakah Anda memiliki tanda-tanda fisik lapar, seperti perut keroncongan? Kapan terakhir kali Anda makan, dan apa yang Anda makan?

Bagi kebanyakan orang, makanan yang seimbang (sayuran ditambah protein, lemak sehat, dan karbohidrat) bisa membuat kenyang selama sekitar empat jam.

"Jadi jika Anda makan malam dengan menu sehat kurang dari empat jam yang lalu, dan Anda tidak memiliki gejala fisik kelaparan, artinya rasa lapar itu hanya ada di pikiran Anda," kata Cynthia Sass, ahli diet dan nutrisi di AS.

Jika keinginan Anda didorong oleh kebiasaan (misalnya, Anda selalu ngemil sambil menonton TV sebelum tidur), ubah rutinitas Anda. Melakukan sesuatu yang lain dengan tangan Anda saat Anda menonton TV.

Coba buat coret- coretan gambar jika Anda hobi menggambar, atau menyusun play list lagu untuk menemani joging besok pagi, atau hal lain yang membuat Anda sibuk.

Jika rasa lapar Anda dipicu oleh emosi (seperti stres, atau marah), pilih cara lain untuk menenangkan diri. Lakukan meditasi atau menulis jurnal akan membantu.

Ngemil cerdas
Katakanlah Anda benar-benar lapar secara fisik. Sekarang, cobalah untuk menilai seberapa laparkah Anda.

Apakah Anda hanya perlu sedikit camilan? Jika demikian, konsumsi seperempat cangkir kacang atau biji-bijian rebus. Protein, lemak baik, dan serat yang dikandungnya akan mengenyangkan dalam waktu yang lama.

Jika Anda berpikir Anda sangat lapar dan kacang saja tidak cukup, makan beberapa buah juga. Kiwi adalah pilihan yang baik karena telah terbukti dapat membantu tidur.

Sebuah studi yang diterbitkan di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa pria dan wanita yang makan dua kiwi satu jam sebelum tidur, tertidur 35 persen lebih cepat dan mereka tidur lebih nyenyak.

Total waktu tidur juga meningkat 13,4 persen dibandingkan dengan sebelum adanya intervensi kiwi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com