Kompas.com - 02/04/2017, 17:05 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Anda baru saja merangkak ke tempat tidur dan tiba-tiba rasa lapar menyerang. Anda tahu, makan pada waktu larut malam tidak baik untuk pinggang Anda, atau bahkan untuk tidur Anda.

Anda bingung harus bagaimana, mengabaikan rasa lapar, ngemil atau makan nasi dan lauk-pauk agar terjamin kenyang.

Berikut saran tentang apa yang harus dilakukan dan bagaimana menangkal lapar menjelang tidur.

Pertama, cari tahu apakah Anda benar-benar lapar
Langkah pertama adalah menentukan apakah Anda benar-benar membutuhkan makanan, atau mengalami kelaparan palsu dipicu oleh kebiasaan, kecemasan, atau keinginan untuk bersenang-senang dengan makanan.

Untuk melakukan itu, perhatikan tanda-tanda tubuh seperti: Apakah Anda memiliki tanda-tanda fisik lapar, seperti perut keroncongan? Kapan terakhir kali Anda makan, dan apa yang Anda makan?

Bagi kebanyakan orang, makanan yang seimbang (sayuran ditambah protein, lemak sehat, dan karbohidrat) bisa membuat kenyang selama sekitar empat jam.

"Jadi jika Anda makan malam dengan menu sehat kurang dari empat jam yang lalu, dan Anda tidak memiliki gejala fisik kelaparan, artinya rasa lapar itu hanya ada di pikiran Anda," kata Cynthia Sass, ahli diet dan nutrisi di AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika keinginan Anda didorong oleh kebiasaan (misalnya, Anda selalu ngemil sambil menonton TV sebelum tidur), ubah rutinitas Anda. Melakukan sesuatu yang lain dengan tangan Anda saat Anda menonton TV.

Coba buat coret- coretan gambar jika Anda hobi menggambar, atau menyusun play list lagu untuk menemani joging besok pagi, atau hal lain yang membuat Anda sibuk.

Jika rasa lapar Anda dipicu oleh emosi (seperti stres, atau marah), pilih cara lain untuk menenangkan diri. Lakukan meditasi atau menulis jurnal akan membantu.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X