Kompas.com - 23/12/2019, 13:30 WIB
Ilustrasi jenazah BBCIlustrasi jenazah

KOMPAS.comTuris asal China, Tian Yong (25) dilaporkan meninggal dunia diguga karena tersedak makanan di Water Spot Semaya One, Banjar Kutampi, Nusa Penida, Klungkung pada Jumat (20/12/2019) siang.

Melansir dari Kompas.com (22/12/2019), setibanya di lokasi, korban santap siang bersama wisatawan lainnya. Setelah makan, ia mengganti pakaian dengan setelan berenang.

Namun setelah berenang beberapa menit, korban tampak mengapung dalam posisi tertelungkup dan tidak bergerak.

Setelah mendapatkan pertolongan pertama, korban dibawa ke Puskesmas Nusa Penida. Di sana, tim dokter yang memeriksa menyatakan korban sudah meninggal dunia.

Baca juga: Turis China Meninggal Saat Berenang di Bali, Diduga Tersedak Makanan

Tersedak bisa sebabkan kematian

Dalam dunia medis, tersedak memang dapat mengakibatkan kematian.

Merangkum dari Healthline, menyebut tersedak dapat menyebabkan iritasi tenggorokan, kerusakan tenggorokan, hingga kematian akibat sesak napas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tersedak ringan biasanya hanya menyebabkan seseorang mengalami batuk-batuk. Tapi jika saluran pernapasan sampai terhalang cukup banyak makanan atau benda asing maka bisa berakibat fatal.

Melansir dari Mayo Clinic, tersedak bisa terjadi ketika benda asing bersarang di tenggorokan hingga menghalangi saluran pernapasan.

Pada orang dewasa, sepotong makanan sering menjadi penyebabnya. Sedangkan pada anak kecil bisa jadi tersedak karena menelan benda-benda kecil.

Karena tersedak memotong oksigen ke otak, maka sebaiknya masalah ini ditangani dengan cepat lewat pertolongan pertama.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X