Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/04/2020, 08:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Penyebaran utama virus corona jenis baru yang sedang menjadi pandemi saat ini terjadi melalui droplet.

Dengan kata lain, kita berisiko besar terinfeksi virus tersebut jika terkena tetesan air liur dari orang yang terinfeksi.

Namun, virus tersebut juga bisa bertahan hidup di permukaan benda dan menyebabkan kontaminasi silang pada orang yang menyentuh benda tersebut.

Oleh karena itu, Organisasi kesehatan dunia (WHO) menghimbau kita agar menghindari benda yang sering disentuh oleh banyak orang, seperti gagang pintu dan meja.

Kita juga dihimbau untuk mengurangi transaksi menggunakan uang tunai. Jika terpaksa melakukannya, kita harus segera mencuci tangan, termasuk setelah memegang uang.

Baca juga: 3 Fakta Jenis Buah yang Dianggap Bisa Mencegah Virus Corona

Lantas, apakah Covid-19 bisa menular ke manusia melalui uang?

Michael Knigth, profesor kedokteran dari George Washington School of Medicine and Health Sciences, mengatakan bahwa Covid-19 tidak menyebar dengan menembus kulit tangan kita.

"Semua bentuk infeksi pernapasan biasanya terjadi karena tangan kita menyentuh mulut, hidung, atau mata setelah memegang benda yang terkontaminasi virus," tambahnya.

Meski kita memanfaatkan transaksi dengan uang elektronik, kita tetap bisa terinfeksi Covid-19 jika tidak mencuci tangan setelah menyentuh ponsel atau kartu kredit.

Oleh karena itu, rutin mencuci tangan dan tidak menyentuh area wajah merupakan cara efektif untuk mencegah penyebaran virus.

Kita juga harus mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi, sebelum makan dan setelah batuk atau bersin.

Para ahli kesehatan percaya virus corona juga bisa ditularkan melalui permukaan benda yang sering disentuh, termasuk uang.

Apalagi, virus asal Wuhan ini bisa bertahan di permukaan benda selama 10 hari.

"Jadi, himbauan untuk meminimalisir transaksi dengan uang tunai itu bisa menjadi salah satu langkah untuk mencegah penyebaran virus," ucap Sanjay Maggirwa, ahli imunologi dari George Washington University School of Medicine.

Bagi orang-orang yang bekerja sebagai kasir, teller bank, atau harus menangani uang tunai sebagai bagian dari pekerjaan, Maggirwa merekomendasikan agar menggunakan sarung tangan sekali pakai dan mencuci tangan sesering mungkin.

Ahli penyakit menular dari University of Delaware, Jennifer Horney, mengatakan hal serupa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com