Ini Pencerahan dari WHO soal Obat Kumur, Sinar Matahari, dan Bawang Putih Terkait Virus Corona

Kompas.com - 12/04/2020, 15:00 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19, banyak informasi bermunculan mengenai cara melindungi diri dari serangan virus corona.

Namun sayang, beberapa informasi tanpa sumber yang jelas ikut mencuat hingga membingungkan dan meresahkan masyarakat.

Untuk mereda kebimbangan tersebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun turun tangan memberikan pencerharan seputar virus corona.

Baca juga: Banyak Minum Air Putih Tak Terbukti Bisa Hilangkan Virus Corona

Dala laman resminya, WHO tampak mengklarifikasi beberapa informasi yang sempat beredar di masyarakat, termasuk es krim, obat kumur, sinar matahari, dan bawang putih.

Berikut faktanya:

1. Obat kumur

WHO mengungkap, belum ada bukti bahwa menggunakan obat kumur akan melindungi seseorag dari infeksi virus corona baru penyebab Covid-19.

Beberapa merek obat kumur memang dapat menghilakan beberapa jenis mikroba tertentu pada air liur di mulut seseorang selama beberapa menit.

Tapi, hal itu dak berarti obat kumur dapat melindungi seseorang tersebut dari infeksi Covid-19.

Baca juga: Cuci Tangan Pakai Air Dingin atau Air Hangat, Mana yang Lebih Baik?

2. Sinar matahari

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X