Kompas.com - 21/11/2021, 22:01 WIB

KOMPAS.com - Gatal di selangkangan adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup mengganggu.

Selangkangan gatal tak bisa sembuh hanya dengan digaruk. Terlebih bagian tubuh ini cukup sensitif sehingga rawan terluka ketika digaruk.

Untuk mengatasi selangkangan gatal, Anda perlu lebih dulu mengetahui dengan pasti penyebabnya.

Baca juga: Gatal di Selangkangan: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

Penyebab selangkangan gatal

Melansir beberapa sumber, ada beberapa penyebab gatal di selangkangan, antara lain:

  • Infeksi jamur

Jamur rawan tumbuh di bagian tubuh yang lembap seperti selangkangan. Gejala infeksi jamur di selangkangan yakni kulit ruam kemerahan, kulit bersisik, dan sangat gatal. Gejalanya dapat merembet ke dekat alat kelamin, paha bagian dalam, pantat, atau lipatan bokong.

  • Dermatitis kontak

Beberapa orang memiliki kulit sensitif rawan terkena alergi atau iritasi. Sumber iritasi ini bisa berasal dari pembersih vagina, kain, makanan, atau zat lain. Gejalanya yakni selangkangan ruam dan gatal setelah terkena biang alergi.

  • Kulit tergesek

Gesekan di kulit selangkangan karena aktivitas tinggi seperti berlari bisa menyebabkan peradangan pada lapisan kulit di area tersebut. Gejala gatal karena gesekan ini di antaranya kulit ruam kemerahan, terasa panas, dan gatal.

Baca juga: Gatal Karena Alergi Dingin, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • Intertrigo

Penyakit kulit ini muncul ketika area yang lembap dan berkeringat seperti selangkangan terkena infeksi bakteri atau jamur. Gejala intertrigo di antaranya gatal menyengat dan ruam merah di lipatan selangkangan.

  • Kutu kemaluan

Kutu kemaluan juga bisa menyebabkan selangkangan gatal. Gejala kutu kemaluan yakni kulit sekitar kemaluan sampai selangkangan gatal, iritasi, dan ada bintik-bintik kecil di dekat akar rambut emaluan.

  • Herpes

Infeksi virus herpes bisa menyebabkan munculnya gatal, rasa panas, kulit melepuh, dan nyeri di sekitar selangkangan. Herpes biasanya berulang. Masalah kesehatan ini biasanya juga bisa jadi gejala awal penyakit menular seksual.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.