Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mengobati Selangkangan Gatal sesuai Penyebabnya

Kompas.com - 21/11/2021, 22:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Gatal di selangkangan adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup mengganggu.

Selangkangan gatal tak bisa sembuh hanya dengan digaruk. Terlebih bagian tubuh ini cukup sensitif sehingga rawan terluka ketika digaruk.

Untuk mengatasi selangkangan gatal, Anda perlu lebih dulu mengetahui dengan pasti penyebabnya.

Baca juga: Gatal di Selangkangan: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

Penyebab selangkangan gatal

Melansir beberapa sumber, ada beberapa penyebab gatal di selangkangan, antara lain:

  • Infeksi jamur

Jamur rawan tumbuh di bagian tubuh yang lembap seperti selangkangan. Gejala infeksi jamur di selangkangan yakni kulit ruam kemerahan, kulit bersisik, dan sangat gatal. Gejalanya dapat merembet ke dekat alat kelamin, paha bagian dalam, pantat, atau lipatan bokong.

  • Dermatitis kontak

Beberapa orang memiliki kulit sensitif rawan terkena alergi atau iritasi. Sumber iritasi ini bisa berasal dari pembersih vagina, kain, makanan, atau zat lain. Gejalanya yakni selangkangan ruam dan gatal setelah terkena biang alergi.

  • Kulit tergesek

Gesekan di kulit selangkangan karena aktivitas tinggi seperti berlari bisa menyebabkan peradangan pada lapisan kulit di area tersebut. Gejala gatal karena gesekan ini di antaranya kulit ruam kemerahan, terasa panas, dan gatal.

Baca juga: Gatal Karena Alergi Dingin, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • Intertrigo

Penyakit kulit ini muncul ketika area yang lembap dan berkeringat seperti selangkangan terkena infeksi bakteri atau jamur. Gejala intertrigo di antaranya gatal menyengat dan ruam merah di lipatan selangkangan.

  • Kutu kemaluan

Kutu kemaluan juga bisa menyebabkan selangkangan gatal. Gejala kutu kemaluan yakni kulit sekitar kemaluan sampai selangkangan gatal, iritasi, dan ada bintik-bintik kecil di dekat akar rambut emaluan.

  • Herpes

Infeksi virus herpes bisa menyebabkan munculnya gatal, rasa panas, kulit melepuh, dan nyeri di sekitar selangkangan. Herpes biasanya berulang. Masalah kesehatan ini biasanya juga bisa jadi gejala awal penyakit menular seksual.

  • Psoriasis

Penyakit psoriasis bisa muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk selangkangan. Gejala psoriasis di antaranya kulit kering, bersisik putih, dan menebal mirip kerak.

Untuk mengetahui penyebab selangkangan gatal dengan pasti, konsultasikan dengan dokter. Terutama jika masalah kesehatan ini kerap kambuh.

Baca juga: 7 Cara Mengobati Anus Gatal secara Alami dan Pakai Obat

Cara mengobati selangkangan gatal

Untuk mengatasi selangkangan gatal, Anda tidak bisa sembarangan mengoleskan obat.

Berikut beberapa cara mengobati selangkangan gatal sesuai dengan penyebabnya:

  • Untuk gatal di selangkangan karena infeksi jamur, Anda perlu menjaga area sekitar bagian tubuh ini tetap kering dan mengoleskan krim atau salep antijamur.
  • Apabila gatal di selangkangan terkait gesekan dengan kulit paha bagian dalam, coba gunakan salep atau krim pelembap kulit sejenis petroleum jelly.
  • Jika selangkangan gatal terkait intertrigo, gunakan obat antibakteri atau antijamur untuk menghambat pertumbuhan kuman di area tersebut.
  • Untuk gatal di selangkangan terkait alergi, dokter biasanya meresepkan obat antialergi seperti salep hidrokortison. Selain itu, untuk mengurangi peradangan, kulit perlu diolesi pelembap.
  • Apabila selangkangan gatal disebabkan kutu kemaluan, dokter biasanya meresepkan sampo atau losion khusus untuk membasmi kutu di area intim. Selama penyembuhan, hindari berbagi handuk, selimut, dll. karena kutu bisa menular.
  • Untuk gatal selangkangan terkait herpes, Anda perlu mengoleskan obat antivirus agar penyakit lekas sembuh. Selain itu, hindari kontak langsung dengan kulit orang lain, karena penyakit ini menular.
  • Obat untuk mengatasi selangkangan gatal karena psoriasis membutuhkan krim khusus untuk psoriasis. Selain itu, gunakan pakaian yang longgar selama proses penyembuhan.

Pastikan Anda tidak menyepelekan gatal di selangkangan. Terlebih jika Anda sudah menggunakan obat gatal selangkangan selama seminggu dan gejala penyakit tak kunjung sembuh atau disertai demam.

Baca juga: 5 Obat Gatal Alami Karena Gigitan Nyamuk yang Praktis ala Rumahan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com