Kompas.com - 18/02/2022, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Di tengah gelombang ketiga Covid-19, penularan virus corona varian Omicron cenderung tinggi.

Tak pelak, banyak orangtua khawatir anaknya tertular Covid-19 ketika mengalami gejala batuk dan pilek.

Kekhawatiran para orangtua ini beralasan. Pasalnya, gejala Omicron yang sering dilaporkan adalah pilek atau hidung tersumbat, batuk, sakit tenggorokan, dan nyeri otot.

Berikut penjelasan dokter terkait apa perbedaan batuk dan pilek gejala Covid-19 atau bukan sampai kapan anak perlu tes Covid-19 saat ada indikasi terinfeksi virus corona SARS-CoV-2.

Baca juga: Kenapa Anak Sering Batuk dan Pilek? Begini Penjelasan Dokter

Batuk dan pilek anak gejala Covid-19 atau bukan?

Dokter spesialis kesehatan anak Dr. dr. Nastiti Kaswandani, SpA(K) menjelaskan, di masa pandemi Covid-19, batuk dan pilek terkait salesma, flu, atau Covid-19 sulit dibedakan.

Pasalnya, batuk dan pilek sebenarnya adalah gejala peradangan terkait segala jenis infeksi yang menyerang saluran pernapasan.

Penyebab infeksi ini bisa berasal dari serangan virus, bakteri, jamur, termasuk virus corona biang Covid-19.

“Cara membedakan batuk dan pilek (flu) biasa atau Covid-19 dengan swab PCR,” jelas Nastiti, ketika berbincang di sesi Tanya IDAI yang disiarkan Instagram Live Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Kamis (17/2/2022).

Baca juga: Penularan Covid-19 Tinggi, Kenali Ciri-ciri Gejala Omicron pada Anak

Kapan anak perlu tes Covid-19 saat batuk dan pilek?

Menurut anggota Unit Kerja Koordinasi Respirologi (UKK) IDAI dan Satgas Covid-19 ini, apabila anak mengalami batuk dan pilek atau bergejala, serta risiko penularan corona tinggi, Nastiti menyarankan agar anak segera menjalani tes Covid-19.

“Kalau ada yang positif di rumah, anak batuk dan pilek di rumah perlu dites Covid-19. Dengan kondisi sekarang, jika ada gejala dan kontak erat, kemungkinan itu Covid-19,” kata dia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.