Kompas.com - 10/05/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Jantung tidak sehat memiliki banyak tanda-tandanya, tetapi tidak semua terjadi di dada, sehingga tidak selalu mudah mendeteksinya.

Mengutip The Healthy, sebab itu penyakit jantung disebut juga sebagai jenis iskemia miokard senyap (silent myocardial infarction/SMI).

Iskemia miokard senyap adalah kondisi berkurangnya aliran darah kaya oksigen ke jantung yang terjadi tanpa adanya rasa tidak nyaman di dada atau gejala angina lainnya, misalnya sesak napas (dispnea), mual, dan keringat dingin (diaforesis).

Baca juga: 9 Gejala Penyumbatan Pembuluh Darah Jantung

Mengutip WebMD, orang-orang dengan kondisi berikut lebih berisiko mengalami jantung tidak sehat:

  • Berusia 60 tahun atau lebih
  • Kelebihan berat badan
  • Memiliki diabetes
  • Kolesterol tinggi
  • Tekanan darah tinggi

"Semakin banyak faktor risiko yang Anda miliki, semakin Anda harus khawatir tentang apa pun yang mungkin berhubungan dengan jantung," kata Vincent Bufalino, juru bicara American Heart Association.

"Jika Anda tidak yakin, periksalah," kata Charles Chambers, MD, direktur Cardiac Catheterization Laboratory di Penn State Hershey Heart and Vascular Institute tentang kesehatan jantung.

Gejala serangan jantung saat tidur, seperti nyeri dada dan muncul keringat dingin penting dikenali untuk dapat dikonsultasikan segera dengan dokter.

Baca juga: 4 Faktor Risiko Penyakit Jantung yang Harus Anda Waspadai

Berikut tanda-tanda jantung tidak sehat yang perlu diwaspadai:

1. Rasa tidak nyaman di dada

Mengutip WebMD, Anda mungkin akan mengalami rasa sakit, sesak, atau tekanan tidak nyaman di dada, sebagai gejala arteri tersumbat atau serangan jantung.

"Setiap orang memiliki kata yang berbeda untuk perasaan itu," kata Chambers.
"Beberapa orang mengatakan rasanya seperti gajah sedang duduk di atas dada. Orang lain mengatakan itu seperti dada dicubit atau terbakar," sambungnya.

Perasaan tidak nyaman di dada itu biasanya berlangsung lebih lama dari beberapa menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.