Kompas.com - 18/07/2022, 08:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

ADA sebuah postingan dalam aplikasi helo yang menceritakan tentang penderitaan seorang anak.

Anak tersebut harus mengalami cuci darah di usianya yang baru 10 tahun. Anak tersebut memiliki kebiasaan buruk minum sari buah bubuk.

Kita tahu minuman sari buah instan tersebut isinya yang terutama adalah gula. Selebihnya hanya berbagai bahan kimia pemberi rasa dan aroma. Dan masih banyak jajanan anak lainnya yang isinya serupa.

Dengan kondisi tersebut tidak heran jika si anak akan mengalami kondisi hiperglikemi atau kelebihan gula darah.

Kondisi ini dapat mengakibatkan berbagai gangguan. Baik secara akut maupun kronis.

Secara kronis anak ini tentu akan jatuh dalam kondisi diabetes dengan berbagai komplikasinya. Secara akut, akan dapat terjadi gangguan sirkulasi seperti yang di alami anak ini.

Kondisi hiperglikemi akibat terlalu banyak konsumsi gula akan direspons tubuh sebagai berikut.

Kondisi hiperglikemik akan meningkatkan tekanan osmotik darah. Akibatnya akan terjadi perpindahan cairan dari jaringan ke pembuluh darah.

Peningkatan cairan akan meningkatkan laju aliran darah ke ginjal hingga terjadi pembentukan urin yang cepat dan banyak.

Pembentukan urin akan mengakibatkan volume darah berkurang dengan cepat. Kondisi ini akan merangsang pelepasan anti diuretik hormon (vasopresin).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.