Dikdik Kodarusman
Dokter RSUD Majalengka

Dokter, peminat kajian autofagi. Saat ini bekerja di RSUD Majalengka, Jawa Barat

Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus dengan Prinsip Autofagi

Kompas.com - 24/07/2022, 08:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

ISTILAH autofagi pada dunia kedokteran memang baru muncul pada 1963. Pada tahun itu Profesor Christian de Duve menemukan lisosom dan menyebut aktivitasnya sebagai autofagi.

Hal ini untuk membedakan dengan istilah autolisis yang sebelumnya dikemukakan oleh para ilmuwan di Rockefeller Foundation pada tahun yang sama.

Istilah ini kembali populer sejak pemberian Nobel pada Profesor Yoshinori Ohsumi pada 2016. Beliau mengungkapkan perilaku ini pada sel ragi.

Namun sebenarnya praktik terapi berdasarkan prinsip ini sudah diterapkan sebelumnya. Pengobatan ini berbasis obat metformin tahun 1954.

Metformin ditemukan pada 1922. Sungguh suatu rentang waktu yang panjang. Apalagi di Amerika Serikat, baru digunakan 1996. Penggunaan justru dilakukan oleh seorang dokter berkebangsaan Filipina, Eusebio Y. Garcia.

Dokter Garcia memanfaatkan metformin untuk berbagai penyakit. Padahal indikasi awal obat ini sebagai obat anti diabetes.

Tidak kurang dari penyakit infeksi, skizofrenia dan diabetes diobati oleh dokter Garcia.

Sehingga dokter Garcia menganggap obat metformin memiliki efek antipsikotik dan antibiotik secara langsung.

Hal itu tercatat dalam sejarah sains yang diterbitkan oleh kementerian sains Filipina pada tahun 2009.

Sejak tahun 2007 para peneliti yang berminat dengan kajian autofagi telah memahami efek metformin dalam mekanisme autofagi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.