Kompas.com - 06/08/2022, 10:31 WIB

KOMPAS.com - Blackhead atau komedo hitam adalah salah satu jenis jerawat yang rentan menyerang pemilik kulit berminyak.

Dilansir dari Insider, komedo hitam terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat sel kulit mati dan minyak berlebih, lalu teroksidasi udara.

Berbeda dari whitehead atau komedo putih yang terbenam di bagian dalam kulit, komedo hitam biasanya membuat bintik-bintik hitam di kulit.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Komedo secara Alami dengan Skincare dan Perawatan

Penyebab komedo hitam biasanya berasal dari faktor genetika, Di luar itu, stres dan pola makan tidak sehat yang memicu peradangan juga bisa menyebabkan masalah kulit ini.

Meskipun cukup menjengkelkan, masalah kulit ini sebaiknya tidak sembarangan dipencet karena bisa meningkatkan bekas luka berupa bopeng. Berikut beberapa cara menghilangkan komedo hitam yang bisa dijajal.

Cara menghilangkan komedo hitam

Cara menghilangkan komedo hitam bisa dengan rutin membersihkan kulit, menggunakan skincare yang tepat, pakai masker komedo, sampai perawatan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Bersihkan kulit dengan asam salisilat

Pastikan pemilik kulit berkomedo hitam membersihkan kulit secara berkala; terutama di pagi hari, saat wajah banyak berkeringat, dan di malam hari sebelum tidur.

Dilansir dari Healthline, pilih jenis sabun pembersih yang mengandung asam salisilat. Bahan skincare ini cocok untuk menghilangkan komedo karena bisa membantu mengangkat kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati yang menyumbat pori.

Jika jenis kulit Anda sensitif, gunakan pembersih asam salisilat sehari sekali, pakai hanya di pagi hari atau malam hari. Di luar itu, bersihkan dengan produk pembersih nonkomedogenik lainnya.

  • Oleskan serum atau krim retinol

Skincare retinol berupa serum atau krim juga dapat membantu mengangkat komedo hitam yang membandel.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.