Kompas.com - 07/08/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Angka bayi yang lahir dengan bibir sumbing atau celah langit terbuka di dunia masih tinggi.

Menurut CDC, bibir sumbing atau celah langit terbuka sendiri bisa diketahui ketika bayi masih ada di dalam kandungan pada umur 7 bulan kehamilan.

Hal ini diperjelas dengan pernyataan dari dokter spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Dr. dr. Aditya Wardhana, Sp.BP-RE(K) yang berpartisipasi sebagai narasumber Webinar Mengenal Tatalaksana Celah Bibir dan Langit-langit.

Webinar ini diselenggarakan pada tanggal 6 Agustus 2022 oleh RS Sentra Medika mengingat masih banyaknya angka penderita bibir sumbing atau celah langit terbuka.

Baca juga: Anak Alami Bibir Sumbing, Apa Tindakan Medisnya?

Adit menjelaskan bahwa deteksi dini bibir sumbing dan celah langit terbuka bisa dilakukan melalui USG sehingga penanganannya bisa dilakukan segera.

Penyebab bibir sumbing tidak hanya satu

Adit juga menyebutkan bahwa penyebab dari bibir sumbing atau celah terbuka tersebut merupakan gabungan dari beberapa faktor sekaligus atau multifaktorial.

Dalam webinar ini, Adit tidak sendirian karena ditemani oleh dr. Rininta Christabella yang merupakan dokter umum dari Indonesia yang sedang menempuh pendidikan Spesialis Bedah di salah satu rumah sakit di Jerman.

“Seperti yang diketahui secara global, penyebab celah bibir sumbing pada umumnya itu bersifat genetik kemudian ada penelitian mengatakan bahwa memang kekurangan asam folat tapi hal ini masih diteliti lebih lanjut, ketiga mungkin kebiasaan ibu hamil merokok dan gizi buruk selama kehamilan dan efek samping obat,” kata Bella.

Meskipun penyebab ini masih diteliti lebih lanjut, namun Bella menyebutkan bahwa sering menemukan salah satu faktor penyebab seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya melalui anamnesa.

Operasi bibir sumbing mahal, tapi dapat dibantu

Sayangnya, biaya operasi bibir sumbing dan celah langit terbuka yang cukup tinggi menyulitkan beberapa kalangan sehingga banyak yang memilih untuk tidak melakukan tindakan operasi.

Halaman:
Sumber CDC

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.