Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Varikokel Bisa Sembuh Sendiri? Simak Penjelasan Berikut...

Kompas.com - 25/08/2022, 22:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Varikokel adalah salah satu masalah kesehatan reproduksi yang kerap jadi momok pria.

Untuk diketahui, varikokel adalah kondisi ketika pembuluh darah vena di skrotum atau kantong testis membengkak atau melebar.

Masalah kesehatan ini menyebabkan munculnya tonjolan seperti varises yang teraba di testis pria.

Karena kondisi ini tampak berbeda, tak pelak banyak pria khawatir apakah varikokel bisa sembuh sendiri? Simak penjelasan berikut untuk mengetahui jawabannya.

Baca juga: Kenali Apa itu Varikokel, Varises di Kantong Testis Pria

Apakah varikokel bisa sembuh sendiri?

Dilansir dari JohnsHopkinsMedicine, hanya sebagian kecil varikokel yang bisa sembuh sendiri. Kebanyakan varikokel tidak bisa hilang sendiri.

Biasanya, varikokel bisa sembuh sendiri ketika muncul saat remaja. Gangguan kesehatan di dekat testis ini sangat umum. Sekitar 15 persen pria merasakannya.

Kebanyakan penderita varikokel ringan tidak menimbulkan gejala. Namun, penyakit ini bisa menyebabkan rasa sakit atau tidak nyaman di testis, terutama saat penderita banyak duduk, berdiri, atau baru beraktivitas berat.

Selain itu, varises di testis juga bisa membuat ukuran buah zakar pria tidak sama. Testis yang terkena varikokel ukurannya lebih kekcil. Di beberapa kasus, kondisi ini juga bisa menimbulkan gangguan kesuburan pada pria.

Baca juga: 4 Ciri-ciri Varikokel dan Penyebabnya, Pria Perlu Tahu

Cara menghilangkan varikokel

Dilansir dari UrologyHealth, varikokel ringan atau tidak menimbulkan gejala berarti biasanya tidak perlu diobati.

Dokter biasanya baru menganjurkan tindakan medis apabila kondisi ini menyebabkan gangguan kesuburan, rasa sakit terus menerus, ukuran testis berbeda secara signifikan, memengaruhi kualitas dan kuantitas air mani dan sperma.

Tidak ada obat untuk mengobati atau mencegah masalah kesehatan ini. Dokter umumnya meresepkan obat penghilang rasa sakit untuk mengurangi gejala penyakit.

Sedangkan cara menghilangkan varikokel memerlukan tindakan medis embolisasi atau pemblokiran pembuluh darah yang menyebabkan varises di testis.

Apabila kondisinya cukup parah, dokter biasanya menyarankan operasi varikokel dengan teknik mikroskopis atau laparoskopi yang minim sayatan.

Setelah menyimak penjelasan varikokel bisa sembuh sendiri dan cara menghilangkannya di atas, pria yang mengalami gejala masalah kesehatan ini sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Terlebih jika gejalanya cukup mengganggu.

Baca juga: Ukuran Penis, Kenali 4 Faktor yang Memengaruhinya…

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com