Kompas.com - 28/08/2022, 09:01 WIB

KOMPAS.com - Vitamin adalah zat gizi mikro yang dibutuhkan tubuh agar dapat menjalankan fungsinya secara normal.

Dilansir dari Harvard T.H. Chan, senyawa organik yang diperlukan manusia dalam jumlah kecil ini tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh.

Setiap orang perlu mencukupinya dengan cara mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang setiap hari.

Terdapat 13 jenis vitamin yang diperlukan tubuh. Yakni vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B5 (asam pantotenat), B6, B7 (biotin), B9 (asam folat), B12, C, D, E, dan K. Berikut manfaat vitamin tersebut.

Baca juga: 4 Cara Efektif Mendapatkan Vitamin D, Selain Berjemur

Manfaat vitamin sesuai jenisnya

Dilansir dari WebMD, fungsi vitamin berbeda-beda sesuai jenisnya, antara lain:

  • Vitamin A

Vitamin ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Kekurangan zat gizi ini bisa menyebabkan mata kering, keruh, dan pandangan kabur. Contoh vitamin A alami di antaranya hati, minyak ikan cod, wortel, brokoli, ubi jalar, mentega, kangkung, bayam, labu, telur, melon, dan susu.

  • Vitamin B1

Vitamin ini berguna untuk menghasilkan beberapa enzim yang penting untuk memecah gula darah. Kekurangan vitamin ini menyebabkan penyakit beri-beri. Contoh vitamin B1 alami di antaranya daging, sereal, biji bunga matahari, nasi merah, asparagus, kangkung, kembang kol, kentang, jeruk, hati, dan telur.

  • Vitamin B2

Vitamin ini berfungsi untuk tumbuh kembang sel tubuh serta membantu proses metabolisme makanan. Kekurangan vitamin ini memicu peradangan bibir sampai bibir sumbing. Contoh vitamin B2 alami di antaranya asparagus, pisang, lobak, susu, yogurt, daging, telur, ikan, dan kacang hijau.

Baca juga: 6 Manfaat Vitamin A untuk Tubuh

  • Vitamin B3

Manfaat vitamin ini menunjang pertumbuhan dan kinerja sel. Kekurangan vitamin ini menyebabkan diare, masalah pada kulit, sampai gangguan usus. Contoh vitamin B3 alami di antaranya ayam, daging, tuna, salmon, suus, telur, tomat, sawi, kangkung, brokoli, wortel, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  • Vitamin B5

Vitamin ini sangat penting untuk menghasilkan energi dan hormon. Kekurangan vitamin ini menyebabkan sering kesemutan. Contoh vitamin B5 alami di antaranya daging, biji-bijian, brokoli, alpukat, dan yogurt.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.