Kompas.com - 29/10/2020, 10:10 WIB
Ilustrasi vitamin C SHUTTERSTOCK/PixelblissIlustrasi vitamin C

KOMPAS.com - Asam askorbat atau vitamin C adalah nutrisi paling aman dan efektif untuk menjaga kesehatan.

Sayangnya, tubuh manusia tidak bisa menyimpan vitamin larut air ini. Sehingga, setiap orang perlu memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari.

Melansir NHS, orang dewasa berusia 19 sampai 64 tahun membutuhkan 40 miligram vitamin C setiap hari.

Kebutuhan vitamin C tersebut bisa dipenuhi dengan pola makan seimbang dan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

Baca juga: 10 Daftar Buah dan Sayur dengan Kandungan Vitamin C Tertinggi

Makanan mengandung vitamin C paling banyak ditemukan dalam buah dan sayuran.

Beberapa sumber vitamin C di antaranya buah jeruk, paprika, stroberi, brokoli, sampai kentang.

Ahli menyarankan agar setiap orang makan lima porsi buah dan sayur setiap hari kebutuhan vitamin dan mineralnya terpenuhi.

Konsumsi suplemen vitamin C perlu mendapatkan pengawasan dokter. Pasalnya, minum vitamin C lebih dari 1.000 miligram per hari bisa meningkatkan risiko sakit perut sampai diare.

Baca juga: Vitamin C Sebaiknya Diminum Kapan?

Hal yang paling penting, tanpa ditunjang vitamin C, kinerja tubuh bisa terganggu. Berikut beberapa manfaat vitamin C untuk tubuh:

1. Mencegah stres oksidatif

Melansir Web MD, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan beragam penyakit terkait stres oksidatif akibat tingginya radikal bebas.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X