Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2022, 10:31 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Vitamin K adalah salah satu jenis zat gizi penting yang jarang ditemukan dalam suplemen.

Vitamin ini sebenarnya memiliki beberapa senyawa, yakni vitamin K1, K2, dan K3. Simak beberapa manfaat vitamin K untuk kesehatan berikut.

Baca juga: 13 Manfaat Vitamin sesuai Jenisnya

Manfaat vitamin K untuk kesehatan

Fungsi vitamin K penting untuk darah, jantung, otak, sampai tulang. Berikut penjelasannya:

  • Membantu pembekuan darah

Dilansir dari Harvard T.H. Chan, vitamin K berguna untuk membuat empat dari 13 protein untuk pembekuan darah. Zat ini penting dibutuhkan tubuh untuk mencegah pendarahan dan mempercepat penyembuhan luka.

  • Menjaga kesehatan tulang

Selain berguna untuk memproduksi protein pembekuan darah, vitamin K juga digunakan untuk pembuatan protein osteocalcin dalam tulang. Protein ini penting untuk menjaga tulang agar tetap kuat dan padat.

Baca juga: 6 Manfaat Vitamin A untuk Tubuh

  • Menjaga kesehatan jantung

Dilansir dari WebMD, manfaat vitamin K juga vital untuk menjaga kesehatan jantung. Vitamin ini terlibat dalam pembentukan protein matriks gla. Protein ini mencegah pembuluh darah arteri jantung mengeras dan menjaga tekanan darah tetap normal.

  • Memperkuat daya ingat

Fungsi vitamin K juga penting untuk meningkatkan daya ingat kalangan lansia, terutama kemampuan untuk mengingat-ingat kembali suatu kejadian.

Baca juga: 7 Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan

Kebutuhan vitamin K per hari dan sumber alaminya

Menurut anjuran Kementerian Kesehatan, kebutuhan vitamin K per hari secara umum untuk pria adalah 65 mikrogram dan 55 mikrogram untuk wanita. Kebutuhan ini bisa berbeda-beda tergantung usia dan kondisi kesehatan seseorang.

Jarang ada kasus kekurangan vitamin K. Namun, masalah kesehatan ini rentan dialami penderita gangguan pencernaan kronis, orang yang kurang gizi, dan orang yang suka mengonsumsi alkohol berlebihan.

Mengingat ada banyak manfaat vitamin K untuk kesehatan, ada baiknya Anda mencukupi kebutuhan zat gizi ini setiap hari.

Anda bisa mendapatkannya lewat sumber alami dari makanan mengandung vitamin K seperti kangkung, bayam, selada, brokoli, tahu, tempe, minyak canola, daging, keju, atau telur.

Baca juga: 7 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com