Kompas.com - 30/08/2022, 10:31 WIB

KOMPAS.com - Vitamin K adalah salah satu jenis zat gizi penting yang jarang ditemukan dalam suplemen.

Vitamin ini sebenarnya memiliki beberapa senyawa, yakni vitamin K1, K2, dan K3. Simak beberapa manfaat vitamin K untuk kesehatan berikut.

Baca juga: 13 Manfaat Vitamin sesuai Jenisnya

Manfaat vitamin K untuk kesehatan

Fungsi vitamin K penting untuk darah, jantung, otak, sampai tulang. Berikut penjelasannya:

  • Membantu pembekuan darah

Dilansir dari Harvard T.H. Chan, vitamin K berguna untuk membuat empat dari 13 protein untuk pembekuan darah. Zat ini penting dibutuhkan tubuh untuk mencegah pendarahan dan mempercepat penyembuhan luka.

  • Menjaga kesehatan tulang

Selain berguna untuk memproduksi protein pembekuan darah, vitamin K juga digunakan untuk pembuatan protein osteocalcin dalam tulang. Protein ini penting untuk menjaga tulang agar tetap kuat dan padat.

Baca juga: 6 Manfaat Vitamin A untuk Tubuh

  • Menjaga kesehatan jantung

Dilansir dari WebMD, manfaat vitamin K juga vital untuk menjaga kesehatan jantung. Vitamin ini terlibat dalam pembentukan protein matriks gla. Protein ini mencegah pembuluh darah arteri jantung mengeras dan menjaga tekanan darah tetap normal.

  • Memperkuat daya ingat

Fungsi vitamin K juga penting untuk meningkatkan daya ingat kalangan lansia, terutama kemampuan untuk mengingat-ingat kembali suatu kejadian.

Baca juga: 7 Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan

Kebutuhan vitamin K per hari dan sumber alaminya

Menurut anjuran Kementerian Kesehatan, kebutuhan vitamin K per hari secara umum untuk pria adalah 65 mikrogram dan 55 mikrogram untuk wanita. Kebutuhan ini bisa berbeda-beda tergantung usia dan kondisi kesehatan seseorang.

Jarang ada kasus kekurangan vitamin K. Namun, masalah kesehatan ini rentan dialami penderita gangguan pencernaan kronis, orang yang kurang gizi, dan orang yang suka mengonsumsi alkohol berlebihan.

Mengingat ada banyak manfaat vitamin K untuk kesehatan, ada baiknya Anda mencukupi kebutuhan zat gizi ini setiap hari.

Anda bisa mendapatkannya lewat sumber alami dari makanan mengandung vitamin K seperti kangkung, bayam, selada, brokoli, tahu, tempe, minyak canola, daging, keju, atau telur.

Baca juga: 7 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.